kertas dan tissue sahabat saya

eheem… eheem… *mbersihin tenggorokan, kebanyakan debu yang nyangkut di tenggorokan*

hai… sugeng ndalu kawan-kawan sak ranah maya, apa kabar? semoga baik-baik saja dan tambah berenergi setelah menghabiskan long weekend dengan kegiatan apapun yang kawan-kawan lakukan.

malam ini, setelah saya giveup dalam mengupayakan kedua juri saya untuk menyerahkan hasil penilaian para peserta dramaLand punya gawe, saya iseng BW ke beberapa tempat kawan-kawan laen. dan saya inget; kalau saya dapet tantangan dari Pak Guru Alam, berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh hari ini, tanggal 5 Juni 2011.

dan ini sekedar rahasia: saya baru tahu kalau hari ini hari lingkungan hidup *narik selimut.tutup mata*.

sekedar informasi buat kawan-kawan yang mungkin belon tahu, Hari Lingkungan Hidup diperingati setiap tanggal 5 Juni oleh seluruh bangsa-bangsa di dunia. Hal tersebut berdasarkan ketetapan dari Konferensi PBB untuk Lingkungan Hidup yang diadakan di Stockholm, Swedia pada tanggal 5 Juni 1972. *

Pertemuan tersebut merupakan tonggak sejarah kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya penanganan secara bersama masalah lingkungan hidup. Deklarasi Stockholm yang dihasilkan mencatat perlunya komitmen, pandangan dan prinsip secara bersama warga dunia untuk melindungi dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup umat manusia.*

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011  yang dikeluarkan oleh UNEP (United Nations Environment Programme) adalah “Forests: Nature At Your Service”.

wwweeekkkk… apppaaan tuh? Artinya apan Is?

mungkin bahasa sederhana dari tema ini adalah menekankan pentingnya keberadaan hutan, bagaimana hutan memiliki fungsi jangka panjang dalam kehidupan kita. pernah dong denger waktu kita SD bahwa hutan di negara kita tepatnya di pulau Kalimantan sebagai paru-paru dunia?

Karena hutan bukan hanya memiliki fungsi sebagai tempat konservasi, hutan juga memiliki fungsi sebagai tempat perlindungan dan sebagai tempat produksi. nih saya sadurkan dari sini, beberapa manfaat hutan :

  1. Pengatur sistem tata air
  2. Habitat Satwa
  3. sumber pangan
  4. Kontrol pola iklim
  5. Kontrol pemanasan bumi
  6. Pusat pendidikan dan pelatihan
  7. Ekowisata

dan masih banyak lagi manfaat hutan baik langsung maupun tidak langsung.  dan dengan begitu banyak manfaat dan fungsi, massih ada orang yang mau merusak hutan? masih mau melakukan penebangan liar?

Tapi tahukah kawan, kalau saya [dan mungkin kamu] juga berpartisipasi merusak hutan. Itu saya sadari saat salah satu dosen saya selalu meminta makalah yang kami buat di kelas tidak di print, tidak dikumpulkan dalam bentuk hard copy, less papper kalau bahasa yang digunakan.

Saya adalah mereka yang keranjingan ngeprint, dan keranjingan nulis latar belakang dengan berpanjang lebar yang kadang menyebabkan inti permasalahan cuman jadi satu paragraf dari lima halaman makalah.

Dosen saya bilang kalau tiap kertas yang dihasilkan itu membutuhkan banyak energi. Satu rim kertas HVS [yang saya beli dua bulan sekali dulu]  mampu membuat pabrik kertas menebang satu pohon yang membutuhkan waktu lima tahun untuk tumbuh

*eh begitu kan yah?

sejak ‘disadarkan’ seperti itu, saya mulai membiasakan diri untuk ngeprint bolak-balik, dan kalau mengumpulkan makalah, saya biasanya nanya ‘boleh gak yah ngumpulin makalah pake kertas bekas?’. dan sebisa mungkin gak gatel ngeprint-ngeprint hal-hal gak penting. dan mengurangi tulisan tangan saya di berbagai kertas yang masih ‘bau toko’ [ehem.. kecuali buku harian, itu masih sulit direm >< ]

berkaitan dengan tissue, saya sering mendengar dari kawan saya soal bahan baku tissue yang sama kek kertas. tapi saya gak pernah baca atau mengetahuinya.  makanya malam ini saya mencoba mencari tahu. dan saya menemukan ini;

Dalam satu kotak tissue atau sekitar 2-20 kotak tissue, diperlukan minimal sebatang pohon untuk ditebang dan diolah. Sedang sebatang pohon butuh enam sampai delapan tahun untuk bisa siap ditebang dan diolah lagi.

see? see? ternyata tissue yang penggunaan yang gak direm itu bisa jadi perusak hutan yang banyak manfaat itu. bener juga berarti kawan saya yang suka ribut masalah penggunaan tissue itu.

bukan artinya kita tidak menggunakan sama sekali kertas dan tissue, tapi kita bisa menggunakan keduanya dengan bijakkan?

yeah…. kalau make amplas bisa buat ngelap-ngelap muka, kan gak harus pake tissue juga. 😉  ahhahahahahahhaa. cuman becanda, kawan 🙂

***

*postingan kali ini disponsori oleh beberapa situs untuk mendapatkan informasi mengenai hari lingkungan hidup 2011, mengenai hutan, mengenai bahan baku tissue, dan Pak Guru Alam untuk tantangannya dan logo hari lingkungan hidupnya. dan… *ohiya,nyaris lupa* buat gambar terakhir dari sini.

 

23 thoughts on “kertas dan tissue sahabat saya

  1. ga sebanding ya 1 kotak tisyu dengan 1 batang pohon, kasihan pohon2 itu


    — ais ariani:
    iyah mbak, mungkin harus berpikir bijak kalau menggunakan tissue mulai dari sekarang… —

  2. aih, pertamax…….. save pertamax dulu ah 😀

    — ais ariani:
    rimeee… ternyata ada yang ketangkep komennya
    😦 —

    1. hebat euy ais…

      tau gak, saya baru benar-benar paham bahwa perilaku konsumsi kita benar2 merusak lingkungan adalah saat saya main ke Riau, melihat sendiri hutan hujan tropis berubah menjadi hutan akasia.

      duh, sedihnya 😦

      — ais ariani:
      keren me, bisa melihat langsung. aku pengen banget bisa melihat akibat kerusakan kek gitu
      [biar makin mikirkan tuuh…].–

  3. eh eh.. coba ya itu email di cek, udah dr td sore kelar kalee..

    — ais ariani:
    juri satunya lagi ngambek bombay!
    *panik*
    terimakasih kawan, engkau sangat membantu, selasa depan lagi yah
    *ting
    hehehehehhe.. —

  4. nulisnya serius banget… banyak tab yg dibuka ya? hihi… klo bisa dr kertas bekas bikin kertas daur ulang Is.. gampang kok! *tapi ga pernah dikerjain ><*


    — ais ariani:
    *uupss*
    ketahuan! hahahahahahhaa. gemanag mbak caranya? —

  5. Terima kasih telah menjawab “Tantangan untuk Para Blogger”.

    Bahan tissu dan kertas harusnya diambi dari hutan produksi. Kenyataannya para produsen sering kali justru mengambil dari hutan rakyat.

    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011; “Forests: Nature at your Service”.
    Yang belum menjawab tantangan dari Alamendah langsung ceck TKP di: alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/

    — ais ariani:
    begitu yah Pak Guru. aku baru tahu. kok bisa yah.. ah bagaimana dengan hukum yang ada toh… —

  6. taukah anda berapa pohon yang ditebang untuk membuat 1 lembar kertas 😦

    tapi semuanya ga bisa segampang membalikkan tangan, klo ga boleh pake kertas, tukang FC gulung tikar, tukang printer bangkrut hikkksss

    — ais ariani:
    kan aku juga gak ngelarang mereka Har, aku hanya bilang untuk menggunakan kebijaksanaan kalau menggunakan semuanya.
    toh ternyata ada juga hutan yang memang dialokasikan untuk itu. eh itu menurutku ding. hehehehehe
    makasih yah Har
    🙂 —

  7. speechless gue o_O’
    kasihan ketangkep basah *nunjuk tukang koran*


    — ais ariani:
    bukan saya… bukan saya
    *angkat tangan, nyerah* —

  8. selamat hari lingkungan hidup juga mbak ais, piye kabare, lama gak mampir kesini hehehehe
    ngomongin soal tissue, aku termasuk orang yg boros banget make tisue, sampe2 kalo makan baso, mas baso geleng2 kepala bisa ngabisin tisuee satu kotak, gak tau kenapa sugges kali yah, sambil makan sambil narik2 tissue gt, dilipat trus masukin kantong *aneh, aku juga gk tau napa heheheh

    — ais ariani:
    pasti mas-mas bakso nya menyesal menaro tissue deket-deket kamu yah Tar!
    ahahahahhaha..
    kabarku baeeek. mbakyu tary gemanah kabar? —

  9. iya bener tisyu ma kertas tuh sehari2 dipakai, tapi bisa kok dikurangi pelan2 hehe.. kalo kertas bekas print email dikantor bisa dipakai buat kertas pesan telepon atau catatan memo lainnya 😀
    ayo kita pelan2 menjaga dengan tindakan nyata..

    *btw, apa kabar neng?

    — ais ariani:
    kabar baeeeeek ‘ne! kapan libur? hehehehehe…
    iyah, biasanya kertas bekas di kampus juga buat nyatet kode-kode buku di perpust yang mau kita pinjem. —

  10. ehem, ehem, pantesan dulu si icen pernah ngebisikin sesuatu ke telingaku: “bos, jangan salah, mba ais itu… kadang-kadang kalau lagi serius… tulisannya bisa nyaingin tulisan profesor.”


    — ais ariani:
    aah iceeen bisa aja tuh Ki,
    aku cuman meramu dari berbagai sumber kok. beneraan… —

  11. saya pun masih bingung mencari subtitute tissue 😦
    pakai handuk tp kok gimana gitu yah
    jadi blom bisa lepas dari tisu kering dan basah nih hiks

    — ais ariani:
    sama mbak. apalagi kalau lagi di dapur! duh. tissue dapur itu merupakan sahabat aku!
    yuk mbak, pelan-pelan diganti pake … *mikir. pakee….*
    pake apa yah?
    hehehehehhe… —

  12. Sedih tapi kok ya masih butuh. Piye ki? 😦

    Kertas buram itu kertas daur ulan gbukan yak? Di kantor aku ngeprint pake kertas itu kalo sekedar utk arsip yan gharus diprint 🙂

    — ais ariani:
    ngeprint pake kertas buram Bu?
    *mikir: boleh gak yah masukin proposal pake kertas buram. hahahahhaa… —

  13. Tok…tok…
    Biarpun sejak empat tahun terakhir sudah memilah sampah rumah tangga dan memproklamisrkan diri sebagai pencinta alam sejati karena nggak pernah buang sampah sembarangan *ciiieee*, saya masih susah nahan buat membatasi pemakaian tissue 😉

    Tulisan ini bikin saya berjanji pada diri sendiri, buat mengurangi tissue setiap hari, kalau bisa pake lap di dapur, kenapa juga saya harus membeli tissue bergulung-gulung…
    😦

    — ais ariani:
    Bu Irmaa.. kalau untuk urusan dapur aku juga masih belon bisa untuk gak pake tissue, entah kenapa kok rasanya ada yang kuraaang aja
    😦
    berusaha bersama-sama yuk bu
    🙂 —

  14. Good Luck ya Mb’Ais ngontesnya… smg menang ya… AMinnn…

    sy juga minta tolong dukungannya untuk mem-Vote saya dalam “Writing Blogging Contest” Hipnotis Indah Dewi Pertiwi ya. Masuk ke situs ini :

    http://indahdewipertiwi.blogdetik.com/2011/06/01/kamukah-50-nominator-pemenang-hipnotis-blogging-contest-idp_keci

    Pilih saya nomor 7 (Tujuh) dan klik tombol Vote di bawahnya.
    Terima kasih ya Mb’Ais sebelumnya 🙂

    *Teman-2 Blogger yang lain juga vote saya ya… Thanks a lot 🙂 🙂 🙂

    — ais ariani:
    owkey deh mas Awan, ntar meluncur ke sana yah… —

  15. dulu aku bisa banget ngerem pemakaian kertas, tapi semenjak di kantor jadi susah mengerem penggunaan kertas 😦

    Kalau soal tissu alhamdulillah aku sampe sekarang gak pernah membeli bundelan tissu untuk keperluan pribadi, menurut aku gak penting aja, ngapain repot2 bawa tissu untuk (semisal) cuma bersihin mulut dan tangan..

Leave a comment