li’thing about my job

Hai… selamat hari minggu  temans,

postingan kali ini berawal dari komen si penggemar garis keras saya, si dikung. Males ngelink, kagak usah ngelink lah yah… hehehehehe. Dia komen di postingan saya yang ini: 

Di cuman bilang “go blog go” ….

Terus saya jadi kepikiran untuk bikin postingan tentang pekerjaan saya. Tapi lagi bingung. Mau nulis soal isi seminar kemarin atau hal lain yah. Kayanya hal lain ajah yah. isi seminarnya begitulah … saya bukan yang paham paham banget soal developmant program. 

Jadi, sejak dua tahun yang lalu saya pindah kantor kan yah. Setelah setahun pertama saya di bagian Operasional, mulai dua tahun lalu saya ditempatkan di divisi HR. Nah, divisi HR kantor saya kebetulan satu atap dan satu Manager sama GA. Buat yang gak paham sama GA, GA itu kepanjangan dari General Affair. You better googling at it yah Guys. Tapi secara singkat GA itu bisa disamakan dengan bagian Rumah Tangga dan Umum. Bagian kantor yang ngurusin pritilan macam katering makan siang, tiket dan hotel perjalanan dinas, ATK, mobil kantor endesbre endesbre laennya. 

Sudah paham? Yah kalau belum bayangkan saja di Kantor kawan kawan ada bagian yang paling sering dimintain tolong untuk macam – macam hal kecil laen untuk menunjang operasional. Baek itu urusan minta kertas, nanyain kenapa mesin kopi rusak, nanyain ada mobil dinas kantor apa enggak, nanyain hari ini rapat si itu berlangsung di hotel mana, some kind of that lah kurang lebih. 

Lalu buat kawan yang belum bekerja, bayangkan saja bagian TU di sekolah atau kampus, yah kurang lebih itulah. Tapi dengan tugas lebih kompleks yah Dek, bukan cuman ngurus Dokumen aja. 

Nah, yang mau saya ceritakan sebenarnya bukan soal apa – apa sih. Saya cuman mau sharing sedikit soal GA, karena saya sempet (sampai sekarang juga masih ding), ngerjain pekerjaan pekerjaan GA. Walaupun harusnya saya lebih fokus ke HR yah, but we’ll talk about that later … saya mau sharing aja sedikit yang saya pelajari selama dua tahun terakhir ini. dan spesifiknya adalah saya mau membahas soal pemilihan hotel. 

Bagian GA pasti sering dong diminta untuk arrange meeting baik internal maupun eksternal. Ada sedikit tips dalam memilih hotel untuk meeting. as usual, let’s make a list! 

  • Kenalan dengan Saleas Marketing Hotel

Ini gunanya bukan cuman buat urusan kantor yah buk ibuk, ini juga berguna untuk menambah jaringan! Karena gak selalu mereka yang membutuhkan kita. Tapi somehow mereka juga kita butuhkan. Karena, pertemanan sales itu kece banget, jadi kadang kamu bisa dapet informasi informasi menarik dari mereka. Bisa juga dapet special rate kalau mau nginep di hotel. Well, kita bisa juga menggunakan situs – situs wisata gitu sih. Tapikan bukannya lebih asik kalau kita booking lewat orang hotel dan minta permintaan permintaan (yang kita tahu) sulit mereka tolak. MIsalnya minta pemandangan yang bagus, minta jendela yang bisa dibuka, atau minta smooking room, atau minta lantai yang tinggi. Itu juga bisa sih di situs wisata, tapi beberapa kali saya masukin special request di form mereka, seringnya gak dipenuhin. So, memesan melalui marketing hotel masih menjadi favorit saya. Dan harga walau beda lima puluh ribu yah … tetap aja saya puas. Dan kalau mau complain juga lebih gampang, sis!

  • Cek harga corporate yang mereka berikan

Jelas penting yah, kamu bisa buka informasi harga satu kamar yang sama dan hotel yang sama di situs – situs macem traveloka dan kawan kawan, untuk dijadikan bahan referensi. Minta juga corporate rate untuk hotel di sekitaran hotel yang kamu tuju. Tapi perbandingannya apple to apple yah Jeung, jangan sembarangan ngebandingin harga. Lihat bintang berapa dan fasilitasnya seperti apa

  • Cek Kebutuhan

Konsumen kita itu adalah kawan – kawan kita di kantor, sesama pekerja yang sedang berusaha (diharapkan) maksimal untuk memenuhi target perusahaan. So, kita kudu dan wajib juga menyiapkan tempat yang maksimal sesuai dengan keinginan mereka. Cek peserta rapatnya ragamnya seperti apa (staf semua kah, eksternal atau internal, level manajerialnya berapa orang), hal – hal kecil seperti itu mesti diperhatikan. Di luar jumlah dan tujuan rapat yah, itu kudu hukumnya. Apakah mereka ahli hisap semua (perokok maksudnya), itu kaan menentukan apakah ruang meeting nya dekat dengan smooking area atau tidak. Perhatikan detail.

Buat daftar berapa orang peserta yang akan hadir, bentuk ruangan yang ingin digunakan seperti apa. Apakah clasroom ataukah U-Shape atau Round Table . Cek juga jarak antara mushola – ruang meeting dan restoran serta parkiran, dan resepsionis serta bussines centre nya.  Kadang jauhnya antar ruang bisa buat energi kita terkuras untuk koordinasi dengan kawan lainnya, apalagi saat sinyal hp jelek di hotel itu. 

  • Kenali Marketing Kamu dengan baik

Sekarang sih saya sudah gak begitu mengenal marketing – marketing hotel yah, tapi ada masanya saya mengenal mereka. Tujuannya sih sepele, untuk mempermudah urusan kami. Bukannya kita senang juga ketika kita dikenal secara baik oleh orang lain? Tapi yah jangan terlalu baik juga, nanti nyaman, nanti susah lupanya #ehloh

  • Buat perencanaan

Koordinasi dengan pimpinan rapat atau divisi yang akan rapat. Acara berlangsung seperti apa. Itu akan menentukan kapan coffee break akan keluar, berapa kali keluar pada hari itu. Makan siap jam berapa. Kemudian apakah kita perlu meimnjam infocus (itu nama merk sih, nama alat sebenarnya apa yah?) dengan pihak hotel atau pihak hotel memberikan itu sebagai fasilitas rapat. Cek juga kesiapan ruang untuk air minum, spidol, flip chart, mic buat pimpinan rapat. 
well, sebenarnya masih banyak tips lainnya, tapi untuk sementara ini dulu yah. Semoga bermanfaat bagi kroco  kawan – Kawan yang bekerja di bagian GA. Hahahahahaha …

See you when i see you, dramaLand !

4 Comments

Filed under [drama] lepas

4 responses to “li’thing about my job

  1. GA itu seksi repot,,bagian yang paling sering di complain,,
    kalau dikantor ku kita bilangnya GA itu Galo Galo (Apa aja dikerjain)
    dan kadang orang mikirnya kerjaan GA itu gampang,,
    misalnya belanja stationary padahal kan mereka juga harus ngejaga itu stock stationary ,,

    tternyata milih hotel aja gak gampang ya,, harus mikir yang lain juga,,

  2. Wahhhhhhh ternyata tulisan ini belum aku baca dong,,,, ohh jadi males ngelink??

    nih aku kasih dikdik04.wordpress.com harap bookmark yah…

    BTW namanya itu proyektor..

    Jadi kapan nih bikin kuis berhadiah lagi.. kan Indonesia mau ultah,,,

  3. Aiiis,
    Aku juga dulu sering kebagian booking2 hotel gitu kalo ada staf dari head office yang mau ke Bandung.

    Dulu jaman aku kerja belum jaman sih yang namanya agoda dan segala macem itu, jadi emang lebih enak ngobrol langsung ama marketing hotelnya lho…
    Dan kalo dulu sih suka ada sistem point itu, aku pernah sampe nginep gratis berapa kali di Sheraton gara2 ngumpulin point muahahaha…
    *anaknya suka gratisan*

Leave a Reply

