reading challenge

heihoo.. aloha selamat Pagiiih!Gimana Kabar kawans semua? sehatkah? Wuiiiih.. gak nyangka yah udah 2014 aja. udah mau umur empat tahun aja ini blo. dan makin dicuekin aja rasanya. Hahahahahaha.

Kabar saya sehat Alhamdulillah, masih jadi buruh di salah satu kantor di pojok Jakarta, masih jadi anak galau di twitter (hahahaha!), masih berusaha menerima dengan lapang dada beberapa hal yang tidak sesuai rencana, masih punya mimpi untuk punya penginapan di daerah dingin, masih punya mimpi punya usaha sapi perah, masih tinggal di rumah orangtua, masih gak bisa bedain mana rasa merica mana rasa lada, masih hobi nongkrong, masih ngefans sama Michael Moscovitz-nya Meg Cabot, masih suka ngelamun ndengerin wonderwall baik versi siapapun, masih berharap punya rumah yang gentengnya bisa dipake nongkrong2 sama temen-temen, masih belum bisa berkomunikasi sama si mantan yang itu dengan baik dan benar.

Terus apa yang berubah? Beberapa hal berubah. Sekarang berat badan saya nyaris menyentuh 60 kg (hiks), sekarang saya jerawatan macam anak ABG yang baru puber, sekarang saya jarang ngelamun, sekarang saya uda ga kuat sepedahan, sekarang gadget saya berkurang jumlahnya (hp saya satu loh sekarang!), sekarang saya jarang banget ketemu sama sahabat2 saya, kami lebih sering bertukar kabar lewat social media malah. Sekarang saya lagi seneng banget sama suaranya Tulus (dengerin yang judulnya sepatu deh! aseeek!). Sekarang saya jarang banget karoke (hiks). Sekarang saya jarang baca buku.

Nah, terkait point yang terakhir itu… saya nemuin cara yang lumayan bikin semangat buat baca buku. jadi begini kondisinya, saya ini sebenernya seneng banget baca buku. tapi kok makin ke sini saya rasanya seperti gak punya waktu. padahaaal yaaa… padahaaal nihh… waktu saya masih banyak banget kok. setelah saya mencoba menganalisis kenapa saya sering lalai menyelesaikan buku yang saya mulai, maka saya menemukan beberapa point kenapa saya jarang baca buku dan lebih sering ketiduran duluan pas baca buku. point – point tersebut adalah:

  1. Banyak waktu tapi gak bisa memanfaatkan dengan baik. sebagai buruh, saya ini 8 jam (seringnya lebih) ada di kantor.  sebenernya di kantor ini saya bisa banget manffatin waktu buat baca-baca. tapi kok kadang saya lebih memlilih untuk ngobrl dan ngutak-atik arsip aja tuh. rasanya nyentuh buku malesnya ituuuu! soalnya menurut saya membaca itu merupakan kegiatan egois yang bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu saja. itu menurut saya loh. well… anggap saja sebagai pembelaan, hahahaha.
  2. SMARTPHONE dengan jaringan internet yang dahsyat yang bikin saya hobi ngegame, ngetwit, foto-foto selfie terus ngedit dengan berbagai macam filter, komen2in social media orang, dan kegiatan itu semua totally jadi pengganti kegiatan membaca buku saya.
  3. ngantukan. ini nih.. ini yang parah. entah dimulai sejak kapan, saya ini jadi orang ngantukan melulu. kata emak sih karena saya kurang gerak atau ada masalah syaraf (emak aku keren yah analisanya? hehehehe..). tapi kalok menuruut saya sih bisa jadi saya ini kurang gerak alias kurang olahraga. jadi baru pegang buku nih, baca dua kalimat aja langsung berbayang. ada bayang semu ngajak tidur gitu loh. hahahahahaha.

alhasil, banyak buku yang saya baca cuman beberapa halaman aja terus saya tarok gitu aja di mana aja. ini di kantor aja ternyata saya narok buku banyak banget dan ternyata belum selesai semua. pegimane coba. sedangkan tiap bulan saya pasti nambah beli buku. ya maklumlaah jaman mahasiswa saya mau beli buku mikir berkali-kali dulu, nah begitu ada kesempatan dan duit, beuuuuh… hajar. tiap ke mol saya mampir ke Gramed ada gak ada waktu hajar beli buku. ini semacam balas dendam saya. malah pernah loh saya beli buku dua untuk judul yang sama. buat baju, makanan, pernak-pernik lucu gitu saya masih bisa nahan, tapi kalau untuk buku saya gak bisa tahan.

nah… demi untuk mengatasi itu, saya mau menantang diri saya sendiri untuk setidaknya menyelesaikan buku-buku yang saya beli itu. kalau tahun 2013 kemarin saya ‘menantang’ diri saya membaca 20 buku (dan tidak terselesaikan) maka tahun 2014 ini saya menantang diri saya sendiri untuk membaca (tetep) 20 buku. gak termasuk komik yah. soalnya kalok komik itu sekedipan selesai (lebay). hahahahaha

nah, hasil bacaan itu saya masuk ke akun goodreads saya, saya mewajibkan diri saya untuk mereview semua buku yang saya baca. kalau mau tahu review-an buku saya, buka aja akun goodreads saya yah🙂

so, bagaimana dengan teman-temaan… remcana baca berapa buku tahun ini?

baca itu seru

21 Comments

Filed under [drama] lepas

21 responses to “reading challenge

  1. udah lama awak tak buka goodreads dan memang prestasi membacaku menurun di tahun 2013 itu

    oya dek kalo skrg ngantukan coba periksa kadar gula darahnya mungkin tinggi jadi harus kurangi konsumsi karbohidratnya

    • ya kan… rasanya mbaca buku itu males banget. iya sih, ini belum check up check up lagi kakjul. jadi belum tahu deh kadar gula darahnya. mungkin emang harus kurangin karbo juga. secara nih badan udah melar banget juga..

  2. wooooo apdeeeeeettttt.,,,, mbak tau ga? waktu aq nulis komen ini mbak lagi mention2an ma aku.. itu klo kebaca someonenya gmana? trus nanti dynya marah gimana? mbak ga takut apah?😀😀 mbak aku pke email kantor.. jangan email ksana ya.. hehe mbak.. knp mau pelihara sapi? jakarta mah gada lahan.. trus kenapa sapi perah.,, pasarnya dikit lho mbak.. mending sapi potong, lebih luas.. mbak gamau ngasih buku ke aku?? hahahahahah

    • pertanyaan kamu kaya surveyor lembaga kredit: banyak.
      kudu dijawab gak nih? pengen punya sapi perah, biar kebutuhan susu nasionall bisa terpenuhi. kamu tahu gak sih kalok lebih dari kebutuhan susu nasional itu diimport akhirnya?
      gak ada yang bilang mau bikin di Jakarta sih ya dikung.. aku rencana bikin di daerah. ntah daerah mana. semoga bukan daerah mimpi. hahahaha..
      terimakasih buat komen panjangmu, dikung.. aku terharuuu..uuu…

  3. Mbaca i-buk saja … bisa multi tasking jempol … 😊

  4. saya juga jadi sering ngantukan, padahal dah menguraangi makan nasi (tapi sering ditawarin cemilan manis sama tetangga sebelah di kantor)

    saya juga banyak koleksi buku, tapi sama aja males bener bacanya karena sibuk masak, dan ngejer jadwal busway T__T

  5. Ayoo.. sepedahan lagi mb, biar terbiasa lagi bersepeda..😀

  6. met kenal sis dan ijin untuk bergabung…rumpianya

  7. hiih PHP Kali si ais ini awak pikir dah apdet diaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s