29 Februariku yang istimewah

iyah, iyah.. saya tahu dan paham, ini bukan tanggal 29 Februari lagi. bahkan udah lewat dua hari. tapi bolehlah saya menulis sedikit banyak soal istimewanya 29 Februari kemarin. eheemmm.. eheemmm.. *mbersihin tenggorokan*

jadi begini, tanggal 29 Februari kemarin merupakan tanggal yang penting banget buat karir kemahasiswaan saya yang udah berlangsung lama ini *tsaah. yang sekian lama saya jadikan kambing hitam atas kemalasan saya nulis (berarti besok harus cari kambing hitam lain nih!) telah berakhir dipertahankan di meja ruang ujian Tugas Akhir saya.

haduh..haduh.. jadi bingung mau cerita dari manah:mrgreen:

***

Pagi itu, di hari terakhir bulan Februari itu, saya terbangun pukul tujuh pagi. dengan suara Mamah dan adek saya yang sibuk mengobrol soal sarapan dan pompa air. Iyah, sehari sebelumnya Mamah saya sengaja datang ke Jogja untuk memberikan dukungan untuk saya yang mau ‘bertempur’ di ruang ujian.

Saat bangun itu di kepala saya terlintas; ‘today!! today is the day!’ hari yang sudah saya tunggu-tunggu dari tiga tahun lalu. hari di mana saya menaruh harapan besar. hari di mana demi hari itu, saya jungkir balik. saya panik. bengong. Power point yang sudah saya siapkan dari beberapa hari yang lalu saya buka, saya pelototin. saya elus-elus itu tesis yang udah beberapa hari saya jadikan teman tidur yang setia.

ditawarin makan ogah, disuruh mandi diem, disuruh naekin aer bengong.

sempurna sudah gugup saya pagi itu saat Mamah saya menyampaikan doa yang dikirim oleh sodara-sodara saya via SMS, ke nomor Mamah saya. banyak sekali yang tahu kalau saya mau Ujian Tesis. belum lagi si Ranger Hitam yang pagi-pagi sms menanyakan; ‘sudah siapkah Anda?’

rasanya pengen ngumpet di ketek Mamah:mrgreen:

Lepas Dzuhur, saya pamit sama Mamah dan Adek saya. saya mencium tangan Mamah lebih lama dari biasa, memohon restu. Anakmu ini mau mempertahankan apa yang sudah ditulisnya selama beberapa bulan terakhir.

sepanjang perjalanan dari Kayen ke Kampus, mulut saya gak berhenti komat-kamit. mengucap doa apa saja yang bisa terucap.

sesampainya di kampus, saya meluncur menuju gedung A. masuk ke ruangan yang dimaksud, dan bertemu dengan Mbak Us, pegawai kampus yang banyak sekali membantu saya dalam urusan Administrasi per Tesis-an ini.

setelah dikasih wejangan-wejangan soal laptop, AC dan sebagainya, saya mempersiapkan diri, menyiapkan power point, mengeluarkan berkas-berkas yang dibutukan, lagi asik komat-kamit mengingat materi, pintu dibuka. Si Ranger Hitam, partner setia saya di kampus nongol. Nanya-nanya soal kesiapan saya. Kami mengobrol soal baju yang saya pakai hari itu (baju baru bok! diskon 50% di Malioboro Mall), soal slide presentasi, soal jadwal Ujian dia. dan lagi asik menjelaskan soal slide presentasi, tiba-tiba pintu terbuka, dan satu dosen yang akan menguji saya masuk.

jadi, Ujian Tesis saya itu ada tiga dosen di dalam ruangan. dua dosen penguji, satu dosen pembimbing.

singkat cerita, saya diharuskan mempresentasikan tugas akhir saya. dan mulailah saya presentasi dengan TIGA KALI INTERUPSI dari dosen-dosen tercinta. buyar. gugupnya semakin menjadi. Apalagi setelah selesai presentasi, diajukan beberapa pertanyaan yang membuat saya melongo beberapa detik dan tersenyum pasrah gak paham.

ada titik di ruangan itu saya menahan air mata yang mau jatuh turun. saya panik, tidak bisa menjawab apa yang Dosen tanyakan ke saya. Dan Bapak Dosen berulang kali menepis jawaban yang saya utarakan. Panik se panik-paniknya, sampai saya merusak pulpen yang saya pegang.

suasana di luar ruangan, tiga orang ini adalah kawan-kawan yang setia menunggu saya Ujian, plus satu kawan yang mengambil gambar.

setelah kurang lebih dua jam saya di dalam ruangan, saya dipersilahkan ke luar ruangan. Tiga dosen tersebut mengadakan diskusi kecil sebelum saya dinyatakan lulus atau tidak. sudah menjadi rahasia umum, biasanya semua yang sudah sampai tahap Ujian Tesis ini dinyatakan lulus. tapi, saat saya ke luar ruangan itu seribu pertanyaan di kepala saya dan jutaan what if berkelana.

pas keluar, saya melihat kawan-kawan terbaik saya di kampus tersenyum melihat saya ke luar ruangan. damai banget rasanya melihat dukungan mereka *kecup satu-satu*

dan di luar ruangan saya mengobrol dengan empat kawan saya itu. mereka menanyakan bagaimana dan bagaimana di dalam ruangan yang saya jawab dengan senyum kecut. Jujur, kehadiran mereka sangat mengurangi gugup dan kekhawatiran saya. karena kami akhirnya mengobrol hal-hal yang jauh dari kondisi saya di ruang Ujian.

yang saya tahu sih kalau disuruh ke luar dari ruang Ujian pas Ujian Tesis gini sih gak lebih lama dari 10 menit. saya nunggu nyaris dua puluh menit ajah dong. 20 menit. ya ampuuun… ampek pengen pipis aja saya tahan.

saat disuruh masuk lagi, saya duduk dan H2C gitu deh. Harap Harap Cemas banget. dan untuk lima menit pertama Ibu Dosen pembimbing gak ngomong apa-apa soal saya lulus atau tidak. Beliau hanya ngomong soal ini soal itu, soal revisi, soal begini soal begitu. Sampek pengen banget saya datengin mejanya itu buat nanya; ‘hoi…gueh lulus kagak??’

dan setelah beberapa saat, saya tahu isu itu benar sodara-sodara; saya Lulus. Saya Lulus. Saya Lulus.

walaupun panik dan gak bisa lancar menjawab beberapa pertanyaan, saya tetep lulus. walau Naskah Publikasi saya bahasa inggrisnya ajaib, saya Lulus. walau teknik analisis data saya dianggap kurang tepat, saya lulus. walau hasil penelitian saya kurang sesuai dengan minat utama saya, saya lulus. walau revisi saya sepertinya nyaris merubah segalanya, saya lulus.

intinya: saya lulus!!!!!

***

terimakasih sebanyak-banyaknya buat kawan-kawan dramaLand yang sudah mendoakan saya, sudah sering memberikan semangat, semoga saya bisa memberikan kontribusi terbaik saya, ilmu yang saya serap ini bisa saya amalkan! Amiin…

*tsaah

see u next post!🙂

***

P.S: semua foto diambil dengan seenak hati dari handphone kawan-kawan saya yang ada di foto itu. I love u all guys :*

58 Comments

Filed under [drama] sekitar

58 responses to “29 Februariku yang istimewah

  1. senangnya demi asukses ya anak sang mama datang untuk mendukung ya. semoga sukses ya Ais

    • iyah Mbak, Mamah memang sudah merencanakan dari jauh-jauh hari soal itu, makanya aku juga seneng bangeeeet waktu Mamah nyampek di Jogja.
      makasih yah Mbak Lidya🙂

  2. Selamat ya ais atas kelulusannya, lega ya sudah sekarang

  3. waaahhh selamat is.. udah dapet gelar master.. bentar lagi dramaland berubah kehidupan dari mahasiwa dong yak😉

  4. SELAMAT ya Ais ….
    karena gak pernah merasakan dimejahijaukan seperti itu yaaa
    gak kebayang deh hehehe
    seperti katamu, yang penting LULUS.

    Biar gak berleha-leha,
    LULUS, lalu apa? hehehe

  5. selamat ya mbak… wah.. tentu sangat senang sekali jika telah melewati ujian tesis.. saya saja lewatin ujian skripsi, gugupnya minta ampun…
    sekali lagi selamat ya.. semoga ilmunya bermanfaat..🙂

  6. barakallah mbak ais…..
    saya segera nyusul ujian skripsi😀

    *sambil berdoa semoga saya lulus juga (aamiin)

  7. alhamdulillah akhirnya lulus juga
    ternyata materinya tentang perempuan sebagai penyangga nafkah keluarga
    mohon maaf tempo hari saya tidak bisa membantu surveynya

  8. Ais….selamat ya….wih..seneng dan lega bgt pastinya ya..smg mnjf ilmu yg brmanfaat

  9. wow.. congrats ya is!!!🙂

  10. horeeee…
    selamat mba Ais…🙂

  11. usagi

    wawwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
    selamat yaaaaa
    akhirnyaaa..LULUS..

    he…he…he
    *Berharap ketularan lulus mu *

    • putrrrriiiiii..!!!
      hayuuuk selesaikan tesismu, atau mau aku selesain?
      *gak usah ditanggap, ini semacam pernyataan sok tahu aku,
      mana paham aku soal ekonomi??

  12. Selamaaaaaaaaat lulusss,,, duh senangnya, semoga saya bisa segera menyusul pentas monolog di ruang sidang hehehe..

  13. Ais …
    Selamat ya …
    Saya ikut senang ..
    Saya ikut bangga …

    Salah satu teman blog saya ada yang S1 Filsafat dan S2 Psychology … !

    Salam saya

  14. keren beneer pake papan pengumuman yang ada televisinya.. jaman saya ujian, boro2 diumumin gitu.. yang ada di depan ruangan cuman dipasang : ssst jangan berisik, ada ujian!.. hahaha

    Selamaat yaaaa akhirnya lulus juga, perjuangan belom berakhir kawan!

  15. ehmmm… karena kita jauh, aq kasih no rek aq aja ya, sebagai ganti makan2nya.. ntar aq emailin deh no rek aqnya.. makasih ya mbak.. udah mau nraktir dalam rangka lulusnya mbak, eh temen2 yang diatas, ga ditraktir ya? wahh.. “feel so special” gini.. trims ya😀 #mantenginsaldo

  16. waaah.. selamaaat mbak aiiis… yah sayangnya belum ada jadwal ke jogja lagi nih,. ga bisa nagih makan2 deh

  17. Selamaaaaaaaaat Mbaaaaaak!😀
    Jadi, kapan nih sekolah lagi?:mrgreen: S2 kan bisa ngambil berkali-kali….:mrgreen:

  18. akhirnyaaaaa…. *ambil nafas lega*

    Selamat dan sukses ya, Ais.. *peluk erat:mrgreen:

    btw, itu judulnya OK banget, g.e.n.d.e.r heheh😛

    • terimakasih Mbak Phiieee…. tapi percaya atau enggak, di dalamnya kau gak mbahas satu sub bab pun tentang gender.
      paling beberapa paragraf menyinggung tentang peran aja.

  19. eyha4hera

    selamaaaaaaaaaatttttttttttttttttt………
    sebeneernya mau nemenin juga, tapi sayang, bentor yang mau nganterin dari makassar ke jogja tiba-tiba mogok…ppffffffttttt….

    * ketjup basah *

    • aaaah kamuu.. bilang aja pesawat kamu salah anek, naeknya yang ke Ternate. hayooooo…

      • eyha4hera

        hahahaha…
        pengen banget ke jogja, sumpah deh..
        patjar kan dulunya juga sempet kerja di jogja, jadi udah familiar sama di sana, dia pernah ngajakin jalan-jalan ke jogja, tapi berhubung belom akad nikah yah nggak akan di bolehin sama ortu lah pergi berdua gitu…hehehe…

  20. bhiberceloteh

    Woooowww luar binasaaaa….!
    Congratulation Aiiiiisssssss!!!
    Lega banget yak pasti rasanya, tapi aku rasa ada yang lebih lega lagi dengan berita kelulusan ini, yaitu : that poor little thing, si printer

    akhirnya dia bisa leha-leha jugaaak😆

    Sekali lagi, selamat Ais! Sukses selalu Kawan!!

    • huahahhahahha… dapet salam Bhi, dari printer. katanya minta undangan
      (etdaah ngomongin undangan melulu si ais iniii…)
      anyway, makasih yah Bhi buat ucapannya🙂

      • bhiberceloteh

        tenaaang, undangan sudah di pilih design-nya! ciamik-lah pokonya!
        cute gituh deh macem personil cherrybelle..😆
        cuma aku masih belom tau mau cetak apa disitu *gubrak*:mrgreen:
        lah wong masih terjadi perdebatan sengit tentang venue, tanggal, dan lokasinya kok!

        jadi sampai saat ini cuma sebatas mengelus-elus foto si undangan yang cute ituh aja……………………… *sigh*

  21. alhamdulillahhh.. tak perlu lagi melihat status di fb, twitter, YM, blog, tentang ‘galau jadi mahasiswi abadi’ hihihi..
    saya ikut senang mbak.. biasanya kalo ada orang yang lagi senang itu pinginnya nraktir orang, aku ikoottt..:mrgreen:

    • :))))
      huahahhahaha… Dek Ariiii..aku kapan siiih menggalau soal mahasiswa Abadi?
      kapaaaaan?
      *amnesia*
      hehehehehehhehe… sinih, ronde lima mangkoknya masih menunggu:mrgreen:

  22. selamat ais…
    semoga ilmunya bermanfaat.. 🙂

  23. Sendy

    Keren, Ais. Congratzzzzzzzzzzzzzzzz

  24. sorry yah belon kenal main komen aja.

    tapi bener-bener deh gak tahan baca postingannya. aslinya kan suasananya serem. tapi diriku malah cengar-cengir sendiri. gaya bertuturnya membuatku serasa masuk ke mesin waktu dan hadir ke tempat itu.

    selamat ya, sudah lulus. soal revisinya seolah membuat tesis baru, itu risiko jadi mahasiswa😀

    nah terakhir, salam kenal🙂

    • salam kenal Pak Rizal🙂
      hehehehhe… kalau disuruh ceritanya saat itu juga, pastinya tegang banget. tapi karena sudah lewat dua hari kali yak, makanya ceritanya seneng gitu.

      iya nih, revisinya mulai dicicil sebelon telat! gak lucu ngulang sidang karena teledor ngerjain revisi

  25. Mbak Ais kereeennn..
    Selamat yah mbak..
    Semoga saya juga cepat sekolah s2 hehe aminnn

  26. Mbak ais… selamte ya… *telat bgt😀
    Ya ampun.. kayak apa itu rasanya sidang tesis… *degdegan juga bacanya.
    Selamet.. selamet.. *kecuuuup

  27. Hei yg udh lulus, jd kapan pulang ke Jakarta?😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s