Girl Talk

sebenarnya saya lupa kalau hari ini hari kamis. er… pura-pura lupa tepatnya. ah sudahlah, yang penting judulnya malam ini saya ingin mengadirkan sebuah buku bacaan saya waktu SMP.

beberapa hari (atau minggu?) yang lalu saya maen ke kost-an si kawan sekaligus partner in crime saya *aduh gak bisa di link* :mrgreen:  nah pas lagi mau nebeng ke kamar mandi, saya nemu di lorong kost-annya, setumpuk buku bekas. dan yang terletak paling atas di antara tumpukan buku itu adalah buku inih:

Girl Talk : Kemelut Pesta by L.E Blair

hayuk yang ABG 90’an ngacung cung cung! yang baca majalah kaWanku juga ngacung! pasti kenal sama buku ini *nuduh

eh tapi bener loh, kalau ada yang langganan kaWanku jaman SD atau SMP, pasti kenal sama buku ini, (asal SD atau SMP nya pas tahun 90an yak) karena buku ini pernah dijadiin bonus majalah itu.

setelah dilakukan observasi, keknya kawan-kawan yang mampir ke sini rata-rata umurnya sama kek saya jadi PD – PD ajahlah yah bilang ini buku bacaan kita waktu SMP. huahhahahaha.. PD sekaligus penuduhan.

Baeklah, mari saya sarikan buku ini dari wikipedia, kalau kata kang Wiki, buku ini merupakan serial dari Amerika sono karangan L.E Blair (sayang Kang Wiki tidak menyediakan page khusus tentang pengarang ini, jadinya gak bisa saya pajang linknya, dan terlalu males ngegugling juga saya).

Girl Talk ini serial yah sodara-sodara, yang menceritakan tentang empat orang ABG. abegeh beneran loh, baru kelas tujuh. mereka tinggal di kota YANG TERNYATA kota fiksi, Acorn Falls, Minnesota. ada empat karakter di dalamnya, yaitu:

Sabrina, di serial buku ini digambarinlah si Sabrina ini abegeh yang tertarik banget sama majalah, punya banyak temen, ceplas ceplos dan terobsesi jadi aktris. Sabrina ini fisiknya kecil, mungil dan punya rambut merah keriwil-keriwil gitu. Sabrina anak keempat dari lima bersaudara yang semua saudaranya pria.

Katie, tipe abegeh sempurna yang selalu tampil rapih, punya otak cemerlang, dan paling logis. penampilannya selalu matching, kalau misalnya dia pake baju pink, maka sepatu dan bandonya juga pink. Katie ini tinggal bersama Ibu dan kakak perempuannya yang sempurna abis, namanya Emily. Tapi di tengah-tengah nanti, Ibunya Katie ini nikah sama orang Perancis tajir yang mbikin Katie punya sodara tiri.

Allison, biasa dipanggil Al. Tingginya 170 (etdaah!!). sempet ikut audisi model remaja dan diterima. dia dapet tawaran ke New York, tapi ditolak karena buat dia itu gak cocok. Al ini suku Indian aseli, sama seperti Katie, Al juga tekun kalau soal pelajaran. Hobi Al baca buku, dan Al tinggal di rumah bersama adiknya, ibu, bapak dan kakek-neneknya.

Randy, lengkapnya si Rowena Zack, tapi dia paling sebel kalau dipanggil Rowena. Abegeh tomboy yang penampilannya eksentrik. Randy ini pindahan dari New York. dan digambarkan di situ kalau Randy ini sebenernya ngerasa gak betah waktu awal-awal pindah ke Acorn Falls. dia ke mana-mana naek skateboard andalannya, Randy juga sangat menyukai musik. ia tinggal bersama Ibunya, setelah orangtuanya bercerai.

***

buku ini sebenarnya sampek 45 seri, tapi ditranslate ke Bahasa Indonesia hanya sampek 27 :cry:  daaaaaan…. dengan niatnya minggu lalu saya beli aja dong itu ke-27 bukunya lewat internet

27 (minus lima nomor, actually) Girl Talk by L.E Blair

awalnya ragu juga belinya, tapi saya sukak sama cerita abegeh ini, makanya diniatin beli. dan saya puas banget begitu bingkisannya nyampek tangan saya. emang buku bekas sih (gak mungkinlah yah ada yang baru kecuali dicetak ulang) secara ini buku TERNYATA pertama kali terbit itu tahun 1992.

tapi saya mengenal buku ini baru lima tahun kemudian, itu juga baca yang terakhir-terakhir. itu juga minjem. hihihihihi…

makanya pas baca ulang lagi (baru nyampek serial ke5), ada banyak perasaan bergejolak *tsah ceritane sih keinget jaman SMP. dan setelah dibaca lagi sekarang emang sih banyak hal yang akhirnya mbikin saya mikir: ‘kok bisa gini? kok si ini jadi begini? kenapa si itu nya begindang?’

banyak kritik akhirnya yang saya lontarkan. mungkin, dulu waktu pertama kali baca saya belon banyak baca buku (dan lagi, jaman dulu buku bacaan buat Abegeh kan gak banyak kek sekarang). beda ama sekarang.

buku ini, gak tahu kenapa pas banget ngegambarin gejolak muda abegeh SMP, tanpa selalu menghadirkan kisah percintaan. ya adalah yah kisah cewek cowok naksir-naksiran gitu tapi dikemas dengan cara ‘SMP’ banget. yang lucu dan polos banget gitu deh. gak ada kisah kasih asmara anak SMP yang membara. benar-benar ditulis dengan cara SMP bangets.

dan bisa loh baca serial ini berulang kali. saya curiga deh selera bacaan saya berhenti di umur remaja. secara saya tergila-gila dengan bacaan remaja. tapi…. ada tapinya loh, saya sukanya bacaan remaja jaman saya masih remaja.

kek Dear Diary- nya Randall, The Baby Sitter club, serial-serial nya Enid Blyton yang Malory Towers yang mbikin pengen sekolah di asrama, terus ada lagi yang judulnya Sweet valley High. dan jangan lupakan Lupus dan Olga-nya Hilman! semua bacaan remaja saya deh. (pssst: ngaku deh, saya mengkoleksi beberapa bacaan remaja, semacam guilty pleasure gitu kalau baca bacaan2 abegeh.. huahahahahaha)

sekarang ini saya lagi nungguin aja Girl Talk di cetak ulang. secara yah bo, Buku-bukunya Enid Blyton aja pada mulai dicetak ulang dengan sampul-sampul yang lebih colorfull. kali aja, girl talk juga begitu. walaupun bukan terbitan gramedia dulunya. tapi ngarep kan boleh. hehehehehehe.

***

nah.. kalau kawan-kawan sendiri inget gak sih bacaan pas remaja dulu apaan? yah kalau yang baca ini masih remaja, kira-kira paling suka sama buku apah?

Hah? dramaLand-nya ais ariani? itu mah bukan buku *tersipu malu*, belon jadi buku maksudnyah

:mrgreen:

***

baiklah, cukup sekian kamis manis-nya. otak saya lagi buntu buat nulis yang aneh dan benar dan lebih manis lagi. mau ngerapihin kertas-kertas dulu yak!

ada yang bantuin beresin kamar saya?

see u next post!

🙂

35 Comments

Filed under [drama] lepas

35 responses to “Girl Talk

  1. hwakakak.. yg mw ak komen foto mu terakhir😀 ternyata bkn ak aj yg kmr nya ancur.. eits, skrg udh rapih.. ak sng nya baca komik, say. pas jmn SMP itu lg seneng crita detektif kayak empat sekawan, sm Agatha Christie.. *dr dl udh sng sm yg psikopat2* hihi..

    — ais ariani:
    huahahahahha.. iyah Ning, berantakan banget. ampek sekarang juga masih.😥
    nah mungkin itu dia alasan kenapa masuk psikologi, buat memperdalam.
    hihihihihi… —

  2. Waaahh tahun 90an aku banget ..
    jamannya abegeh..
    kenal dok ais sama majalah kawanku,cuma aku ga langganan jadi ga tau buku Girl talk..
    aku suka majalah Gadis..
    paling bacaannya Lupus,si cowok permen karet tuh..

    Langsung ngap nih ..
    Lihat kamarnya Ais..
    masyaallah anak gadis..
    *geleng2*

    — ais ariani:
    hikss..mamah Oliiiveeee… kamarku emang berantakan banget ><
    hikkks.
    tapi emang lagi musim kamar berantakan (alesan)
    ahh lupus itu bacaan wajib abegeh 90an yak sepertinya.. —

  3. kalau aku mah,, mengenal ritual girl talk ini baru pas kuliah,, bareng anak kosan,.,
    dan itu bisa sampe dini hari lho sekedar curhat2annya.. dan beneran kangen nih sama masa2 itu :3

    — ais ariani:
    aku gak pernah punya deh keknya jaman kuliah dulu (e? emang skrg udah kagak kuliah yak?
    kalau sekarang udah beberapa tahun terakhir malah sering banget girl talk
    (padahal katanya i’m not girl not yet a woman yah..)
    heleeeh.. apa sih komenku iniiii.. —

  4. wew…kertasnya ada logo-logo UGM nya,,,
    siap-siap wisuda niihh😀

    — ais ariani:
    amiiin..amiin. amiiinnn….. 🙂 —

  5. fakta terbaru, aku dan mbak ais beda 2 tahun.. oke.. jadi hidup sejaman nih ya… tapiiiiiiiiiiiiiii….. kok aq gtw komik ini????? ini komik jaman apa mbak?? adeeeuuhh..:mrgreen:

    eh… aku gtw knp yah… setiap aku liat kamar cwe.. seberantakan apapun… rasanya masih kebilang rapi, masih enak untuk diliat😀 heuheuhue


    — ais ariani:
    nah. nah..makanya jangan sok muda deh di depan aku, beda dua tahun itu kalau udah di atas 23 gak ngaruuh ya😛 —

  6. Aiiiiis ini bacaanku waktu Abegeh selain Sidney Sheldon oups! sttt….he…he…

    — ais ariani:
    bener Mbak Ina? berarti kita satu jaman yah
    *PD
    hahahhaa… Shidney Sheldon belon baca Mbak, terlalu berat dulu (rasanya). dewasa bangeeet. hi3
    dan sekarang pun cuman beberapa kisah yang aku baca.. —

  7. Senengnya … pasti sekarang sudah habis terbaca, ya?

    Karakternya lengkap, ya. Aku jadi penasaran pengen baca juga, nih. Padahal sudah jauh dari usia Abegeh.

    — ais ariani:
    Mbak Susssi.. aku belon kelar bacanya 😦 —

  8. haduh is.. aku anak 90an kok.. tapi gak pernah denger ~_~ mgkn dulu komunikasi masih susah yak.. jadi di pontianak masih belum terjamah gitu *halah😆

    kalau dulu aku SD kurang suka baca.. mulai SMP suka baca komik *sejenis serial cantik topeng kaca dll gt lah* sma suka sama teenlit.. dan sekarang sukanya fantasi.. lihat aja ntar 5 tahun lagi.. hehehe..

    — ais ariani:
    historical romance?
    hihihihihi… aku sebaaal. banyak yang ngomongin topeng kaca tapi kok aku gak tertarik baca itu yak😦 —

  9. beuh …
    itu kamar apa kamar Is …

    (om-om geleng-geleng kepala …)

    hahaha

    salam saya Is

    — ais ariani:
    seperti kapal pecah yak oom😦 —

  10. Pembaca Setia Kamis Manisnya Mbak Marsita

    — ais ariani:
    aaaaiih pakde Mars.. beneran?hihihihi.. jadi semangat nulis kamis manisnya🙂 —

  11. jaman SMP ya mbak?
    aku mah bacanya komik. baca novel *yang dulu kuanggap “rajin amat beli en baca tuh buku-buku tebel!” -tuh pas SMA😀

    itu pun masih yg tipis”.
    pertama kali naksir sama bukunya Asma Nadia. Entah judulnya apa, tapi nilainya tersirat banget.. :’)

    habis tuh jadi ngefans deh sama asma nadia..
    heuheu..

    *mbak, dirimu bisa bikin siluet orang ga?

    — ais ariani:
    SMA aku dulu baca Asma Nadia itu ketika mas Gagah pergi, dan nangis termehek2 aku😦
    aku ndak bisa nggambar Nif, gambar yang aku buat itu kan digambarin temenku. heheheh..
    coba minta sama si Faa, dia kan manual gambarnya bagus, mungkin dia bisa.. —

  12. kunjungan perdana di blog ini…🙂
    busyet banyak banget mbak koleksi bukunya🙂

    — ais ariani:
    terimakasih yah🙂 —

  13. girl talk? buku apaan tuh? ga kenal. saya kenalnya buku nick carter stensilan *eh
    dulu suka baca serial goose bumps, keren karena bukunya interaktif, eh ada hadiahnya gitu😀
    juga buku intisari sama mangle (eh itumah majalah :D)

    — ais ariani:
    kalau Gosbam mah keknya semua anak waktu aku SMP baca yak,
    emang seru banget ituh buku. seru dan sereeeem.
    tau deh yang bacaannya intisari😛 —

  14. Aku 90-an sih sudah masuk kategori kakak-kakak hahahaa…
    Bacaanku waktu abege dulu (tahun 80-an akhir dan 90 awal pertengahan)….. anita cemerlang lah… :p

    — ais ariani:
    hihihihihi…..beda generasi berarti kita yah Mbak.
    Kakak – Kakak bener dah Anita mah
    (aku ajah cuman pernah denger itu majalah):mrgreen:

  15. aku punya buku girl talk tapi tak sebanyak Ais. dulu aku suka bacanya

    — ais ariani:
    eh ternyata kesukaan kita sama Mbak!
    jangan-jangan kita emang beneran satu generasi yah mbaaak —

  16. Eh tos dulu dong, sesama penyuka Enid Blyton🙂
    Bahkan skripsi saya juga tentang buku-bukunya dia lho (eelaha malah curcol) hehe. Pernah baca serialnya Laura Ingals WIlder? itu nggak kalah asyik lho.
    Kalo buku eh komik yang pengen aku baca lagi sekarang tuh Pop Corn, dari dulu belum pernah baca sampe tamat…
    Ebetewe salam kenal, ya🙂

    — ais ariani:
    Shaaa.. salam kenal juga🙂 makasih loh mau berkunjung balik ke sini
    wah gak pernah baca serial Laura, atau udah pernah tapi lupa yak..
    ngomongin soal serial Pop Corn, aku ada deh keknya tuh satu nomor, lupa tapi nemu di mana, suka juga sama komik itu. —

  17. gile nih postingan, jebakan umur bener #ghuayaguemacamumurmasihbelasan
    btw, jadi mikir. sebelum gue balik sempet ga yak baca itu semua.

    T_T

    — ais ariani:
    secara elo baca bukunya Tere Liye yang setebel itu ajah lewat semalem.
    konon yang tipis dan ringan kek gituh.
    tapi lima nomor pertama udah di purwokerto kemaren😦 —

  18. berarti yang belum tahu buku itu masih muda ya mba🙂
    asik😀

    — ais ariani:
    huahahhahaha…keknya sih begituh.. —

  19. nanti nunggu dikirim kemari deh pinjeman girl talk dari Ais, hihihi *gak modal*
    wooiii,,, macam penyair saja kau, kamar kau tuuuuuu kertas berhamburan,, hahha…
    apa kertas catatan belanja? eh utang? eh kebetan ujian yak?? hayooo ngakuuu..!!!😛

    — ais ariani:
    Mbaaak Iyhaaaa… *cippikacipiki*
    jelaslaah itu kertas kumpulan puisi ku Mbak,
    huehehehhehe.. —

  20. Yang saya tahu Girl Talk itu judul novel terbaru karangan Lala Purwono, ternyata itu serial yang sudah lama ada ya..? haha… kemana ajaaaaaa…😀

    Ehm.. kamar itu baru ada keramaian ya..?😉

    — ais ariani:
    keramainnya sebentar lagi selesai Uda, tinggal selangkah (revisi) lagi.
    Amiin..
    eh aku malah baru tahu kalau judul bukunya Mbak Lala girl talk juga. berarti kita bertukar informasi Uda🙂 —

  21. bacaan zaman SMP? hmm…komik sunflower (kalo ga salah), wiro sableng, sama novel2 zaman baheula semacam siti Nurbaya, layar terkembang dkk itu Is (bingung jg knp baca yg beginian ha ha :P), dan aku ga tau si girl talk ini, ga masuk kampungku keknya neng qiqiqiqi

    — ais ariani:
    teteh baca wiro sableng?
    yang bener Teh? dulu di rumahku ada, ndak tahu siapa yang baca, aku cuman liat sampulnya doang. hihihihi.. —

  22. bhiberceloteh

    *ngubek lemari buku*
    yaaaaahhh nomor 5 nya aku juga ga punya,damn! batal deh ngejual ke Ais, lumayan pan padahal buat modal pesta nanti! hahahaha…!
    itu bacaannya si Kakak, masih ada tuh dilemari baris paling belakang bersama dengan lupus, olga, komik pop corn, de el el..

    btw, kamar kamu aja udah kek gitu yaa, cemana kamarnya si Thakil??? hahahaha😀

    — ais ariani:
    huahahahahha… calon penganten yang teteup usaha yak
    eh janagn salah, kamar dia jauh lebih rapih lo. dia orangnya apikan, malah dia kadang suka ngerapihin rumahku kalau maen ke kontrakan
    *ini ngarang*
    heheheheheh.. —

  23. Haii hai.. Boleh tau beli girltalk yang lengkap begitu dimana? Thanks yaa infonya🙂

  24. mbak boleh tau beli buku bekasnya di mana. Aku tau buku itu waktu zaman SMA dan ada di perpusku *FYI aku SMA tahun 2003 ano_O dan sekarang pengen punya rasanya

    • aku belinya waktu itu di kaskus je, coba ada search lagi kalik aja ada. iya, dulu di perpust kota Jogja juga ada, aku juga dulu bacanya pas SMA. eh SMP ding.. hihihihihihi…

  25. Pingback: ada yang kenal? « dramaLand

  26. Pingback: lagi – lagi soal buku « dramaLand

  27. bacaan waktu SMP tu Fear Street.. Girl Talk juga(baca punya kakak) Malory Towers jg punya kakak tp krn gak lengkap koleksinya akhirnya beli.. Lima Sekawan dsb..

  28. merlin kala

    sista…aq juga ngumpulin buku itu…kurang no 18 sama 22…nyari2 setengah hidup, tp ga dpt2…aq rencana mau ngumpulin dlu dr 1-27, baru setelah itu berburu lg yg 28-45…info dunkz sist, cari buku itu di mana yg no 18 sm 22nya…please…^o^ tq sista…ditunggu yach commentx ke email aq

  29. ditdit

    hai hai, belinya di mana ya? terima kasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s