gembira berkumpul #kamismanis yang sudah tidak kamis

 

baiklah, baiklah… saya mengaku salah. harusnya postingan ini dibuat hari kamis kemaren, tapi hari kamis kemaren tidak saya lakukan. alesannya gak usah disebut lah ya, ntar dikira tukang ngeles (padahal mungkin emang iya). tapi emang saya punya alasan kenapa gak mosting kemaren. Alasannya: saya keasyikan ngobrol sama my partner in crime yang udah empat hari jadi jamur di kasur saya. huehehehehhehehehe…

nah daripada saya ngeles ngasih alasan, lebih baik saya memenuhi janji saya sama blog ini. Janji apa Is? Janji Joni kah? Bukan adek-adek, kalau janji Joni itu judul film. Jadi buat yang baru pertama kali ke blog saya, saya akan cerita dulu nih… demi untuk meningkatkan produktivitas saya menulis, saya punya niat di tahun 2012 ini menerapkan postingan bertema. baru satu tema yang saya buat. yaitu:kamis manis. kenapa kamis manis? karena yang mbuat ais manis:mrgreen:

hehehhehe.. bukan. bukan itu. kamis manis, karena setiap kamis saya akan menceritakan hal-hal manis dari masa sekolah saya, masa kuliah, atau masa saya masih kecil. mungkin akan ada beberapa hal tidak manis. tapi biar seru dan berrima dengan hari kamis, makanya dinamain kamis manis:mrgreen:

mari kita mulai kamis perdana yang sudah tidak kamis ini.

***

 

hloh, ada apa dengan video ini Is? Video ini adalah video yang saya cari dari beberapa hari yang lalu. Tasya dengan gembira berkumpul merupakan sebuah lagu kenangan buat saya. kok bisa? iyah, itu lagu merupakan lagu yang digunakan temen-temen dan saya waktu KKN. Apa itu KKN?

KKN itu kuliah kerja nyata. jadi di kampus saya, mahasiswa S1-nya diwajibkan mengambil KKN yang bisanya berbobot 8 sks (kalau gak salah ya..). KKN itu biasanya dilakukan di desa-desa atau daerah terpencil, di mana kami para mahasiswa diharapkan bisa berkontribusi langsung di dalam masyarakat.

waktu tahun 2007, saya KKN di sebuh desa di Donokerto, Turi, Sleman. wah.. kalau diceritain di satu postingan, gak akan cukup deh yang namanya KKN. karena terlalu banyak pelajaran dan kenangan yang tersimpan di dalamnya. termasuk lagu gembira berkumpul ini.Ada apa dengan lagu ini?

Jadi, waktu tahun 2007 saya dan beberapa kawan KKN memiliki program memberikan pelatihan kentongan untuk anak-anak SD dan juga pelatihan tari. Jadi ada beberapa anak – anak SD di kelas lima dan enam dari SD negeri – SD negeri di desa itu yang kami pilih untuk kami latih selama dua bulan. dan hasil latihan itu kami perlombakan antar SD se- Donokerto.

nah, jam latihan itu biasanya antara pukul dua hingga lima sore. itu adalah salah satu masa yang gak mungkin saya lupakan seumur hidup saya, mungkin. bagaimana berinteraksi dengan anak-anak SD yang begitu mengharapkan dan memandang hebat ke kami, para mahasiswa – mahasiswa yang kadang sering mengeluh ini.

iyah. kami sering mengeluh soal KKN. bagaimana kami jauh dari kost yang nyaman, bagaimana kami harus ikut rapat ini rapat itu, bagaimana kami harus menahan emosi tiap kali salah satu teman seenaknya mengambil keputusan. kami yang tukang ngeluh ini diharapkan kedatangannya oleh anak – anak SD yang kami latih. total ada lima SD yang kami latih. kami ada sekitar sepuluh orang.

ada yang melatih tari, ada yang melatih kentongan, ada yang melatih memegang bendera, ada yang melatih memukul ember (ceritanya itu snare drum, berhubung dana terbatas, jadi kami menggunakan ember. hehehehehe..).

nah, sebelum berpisah untuk latihan dengan masih-masing kelompok kecil, biasanya adek-adek kami kumpulkan di lapangan sekolah dan kami melakukan pemanasan. dengan lagu  gembira berkumpul itu.

tepuk tangan (prok prok..)

sekali lagi (prok prok..)

nah jadi, tiap saya denger lagu itu, di kepala saya langsung terbayang dua bulan itu: dua bulan dimana saya setiap hari dateng ke SD – SD di Donokerto itu. bagaimana mereka berlari menyambut kami sewaktu kami dateng, dan berrebut mengelilingi kami.

***

itu adalah kenangan yang indah dan manis banget. apalagi sewaktu itu saya dan salah seorang kawan diberi tanggung  jawab untuk ‘memegang’ salah satu SD (jadi untuk kelancaran pentas, kami membagi kelompok dan memberikan SD itu ‘kakak asuh’ yang menjadi penanggungjawab skill adek-adek dalam target mengikuti lomba). nah, saya dan salah seorang teman (yang ujung2nya keserempet cinta lokasi) menjadi kakak asuh di salah satu SD tersebut, dan SD kami menjadi satu-satunya SD yang mendapatkan dua piala untuk dua kategori lomba: Lomba kentongan dan lomba tari.

saya terharu. haru saat adek – adek ini jejingkrakan dan teriak – teriak: ‘ mbak.. kami juara mbak!! mbak.. kami dapet dua piala!!’

tuh lihat.. menulis ini saja hati saya hangat jadinya. apa kabar yah mereka?

***

KKN unit 54 di desa Donokerto 2007

 

see u next post!

 

PS : foto adek-adek SD donokerto itu banyak ketinggalan di PC saya di rumah orangtua di Jakarta, jadi gak bisa saya kasih unjuk deh adek-adek didik saya dulu😦 next time yah. hehehehehe…

9 Comments

Filed under [drama] sekitar

9 responses to “gembira berkumpul #kamismanis yang sudah tidak kamis

  1. ooiaaa… film janji joni itu keren banget ya… OSTnya keren2 lho.. dengerin deh.

    dan ada 1 qout dari film itu yang aq suka bunyinya gini,,

    Hanya ada 1 orang untuk 1 orang, itu namanya belahan jiwa…

    ehhh ini bahas film janji joni kan?? iya kan??? errr

    BTW sebenernya mbak orang jakarta apa jogja sih.. kok ortunya di jakarta..😀:mrgreen:

    — ais ariani:
    orang Indonesa laah Dik..:mrgreen:
    ibu-bapakku tinggal di Jakarta, aku di Jogja karena kuliah (yang kagak kelar-kelar ini)
    huahahhahahaha…. —

  2. kok ga berasa manisnya?
    kurang gula niy? bener deh … coba deh Is icipin dulu😛

    — ais ariani:
    *ambil sendok*
    baaaah… ini kurang manislaaah..
    kan yang nulis lagi sakit gigi. jadi gak pake gula emang😀 —

  3. bener2 kenangan manis ya… :0
    dulu gua pas kuliah gak ada kkn lho..

    — ais ariani:
    hloh.. bukannya mas Arman ini kuliah di Surabaya yak?
    kirain yang gak ada KKN cuman anak Jakarta doang… —

  4. Nggak kena Kamis Manisnya ya Jumat Manisnyalah…😀

    — ais ariani:
    masih manis tapi kan yah Pak MArs?
    huehehhehehehe…. —

  5. Agung Rangga

    wiiih, benar-benar kenangan manis ini kak~😳
    ditunggu kamis-manis lainnya~😀

    — ais ariani:
    terimakasih Agung🙂 —

  6. haha..kenangan masa lalu😀
    masih ceria semua, belum ketemu kusutnya muka saat menyiapkan skripsi😀

    — ais ariani:
    huahahhahahahaha.. kamu loh Dek.. mukaku gak kusut waktu ketemu skripsi,
    cuman agak sedikit tidak cerah:mrgreen:

  7. Hehe, kalo saya sih bikin komitmen posting dua hari sekali bulan ini.🙂

    — ais ariani:
    ayooook Sop… sama2 mbikin komitmen sama diri sendiri. semoga berhasssiiillll!! —

  8. Nah, bahkan aku bacanya pas hari sabtu😛

    — ais ariani:
    gpp mbak, dibaca kamis minggu depan juga gpp
    *hloh?!?!??! —

  9. dijadwalkan saja postingannya mbak ais..
    biar tepat waktu terbitnya di kamis manis ;D

    — ais ariani:
    masalahnya biasanya aku belon dapet ide. kalau udah dapet ide biasanya aku jadwal gitu😀
    huehehhehehehe… —

Leave a Reply

