dear Indonesia, happy birthday to us

Indonesia, hari ini kita berulangtahun. Iyah, kita…. kita berdua. Ulang tahun. Kamu merayakan kemerdekaanmu yang ke-66, sedangkan aku merayakan ulang tahunku yang ke… yang ke…. *mikir* yang ke… *@!#&()@!&$#  (age is just number i know, but for me age is not only just number. Hahahhahahahaha…)

Indonesia, apa kabarmu dan apa harapanmu di usiamu yang ke 66 ini?

Indonesia, aku beritahu satu hal padamu: aku masih memendam begitu banyak permintaan padamu. Tidak, aku tidak minta disubsidi selain yang sudah kau berikan. Buatku subsidi bahan bakar, listrik dan pendidikan yang kau berikan padaku sudah cukup buatku. Aku hanya minta perbaikan jalan. Perbaikan jalan yang sesungguhnya. Bukan sekedar tambal sana tambal sini seperti yang terlihat di beberapa jalan di sudut kotaku.

Dan mungkin sedikit perbaikan transportasi umum. Aku tahu, sudah begitu banyak ahli berbicara mengenai ini, tapi biarkan aku si orang awam ini ikut berbicara. Hei, ini hari ulangtahunku juga, jadi aku bolehkan mendapatkan hadiahku sendiri?

Perbaikan jalan, transportasi umum dan mungkin sedikit perbaikan di bidang pendidikan. Pendidikan yang ditujukan bukan hanya pada anak-anak (itu sudah harus), tetapi juga calon Ibu.

Indonesia, calon Ibu adalah mereka yang akan mendidik penerus Bangsa yang akan meneruskan mempertahankanmu sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bayangkan jika seorang Ibu tidak mampu mendidik anak-anak mereka dengan baik dan selalu menyalahkan sekolah, pemerintah, dan lingkungan sekitar atas rusaknya moral anak-anak mereka. Dan akan hanya terjebak pada persoalan itu-itu saja tanpa mampu mencetak penerus bangsa yang hebat.

Ah… Indonesia, bicara apa aku ini. Menjadi Ibu saja aku belum.

Lanjut ke masalah berikutnya. Masalah listrik. Aku adalah satu dari sekian juta penduduk yang beruntung merasakan listrik dari sejak aku lahir. Tahun 2005, saat aku menemani Bapak dan Mamahku ke Pulo Ende, di Kabupaten Ende, Flores Nusa Tenggara Timur, di pulo kecil itu listrik belum ada. Hanya ada generator yang hidup dari jam enam malam hingga jam enam pagi. Jadi, maafkan penduduk pulau itu yang tidak pernah bisa menyaksikan upacara memperingati hari-mu setiap tanggal 17 Agustus di istana negara. Dan maafkan mereka juga yang mungkin tidak tahu siapa Mentri Pemuda dan Olahragamu. Dan keadaan itu tidak berubah sepertinya selama berpuluh-puluh tahun.

Indonesia, ada seorang pemimpin Negara maju yang berkata bahwa jangan pertanyakan apa yang sudah Negara berikan padamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu! pada pelantikannya di tahun 1961 (kalau gak salah). Maka kalau kamu bertanya apa yang sudah aku berikan padamu. Mungkin jawabanku: belum ada. Aku hanya menyumbangkan sedikit tarian saat kamu berulang tahun ke 59. Saat itu aku bersama tim ku memeriahkan parade senja di Upacara Penurunan Bendera memperingati hari-mu. Apakah itu ‘pemberian’ yang dimaksud?

Aku rasa bukan.

Impianku menjadi guru kandas dan belum terwujud lagi, dibinasakan oleh keinginan lain dan hal lain yang mungkin tidak berhubungan dengan aku sebagai warga negaramu, hanya berhubungan dengan rasa egoisku saja. Mulut dan otakku hanya bisa mencaci, menggerutui berbagai kebijakan yang ada. Tanpa ada satu tanganku terlibat di dalam perbaikannya.

Indonesia, aku belum mampu memberikan sesuatu yang besar untukmu. Aku hanya sibuk dengan urusanku sendiri. Sama sepertimu yang pernah dibilang oleh salah seorang tokoh bangsa bahwa kamu sedang galau. aku pun sedang galau. Namun hanya untuk urusan yang sedikit berbeda. Sama sepertimu yang bingung melangkah, akupun demikian. Sama sepertimu yang sering dilanda konflik, akupun demikian.

Indonesia, lihat saja… bukan hanya tanggal lahir kita saja yang sama. Tetapi ada beberapa hal juga kita memiliki kesamaan. Dan aku tahu, kita berdua sama-sama bisa menghadapi semuanya.

Kita pasti bisa, Indonesia. Karena kita lahir dan ada bukan tanpa tujuan dan alasan. Bukan begitu?

Indonesia, terimakasih.

31 Comments

Filed under [drama] sekitar

31 responses to “dear Indonesia, happy birthday to us

  1. ikutan upacara ga? yuuuk… hihihi

    • oh ya lupa.. met ultah ya saay.. berapapun umurnya (pasti tuaan gw kemana-mana kan? ups) semoga barokah dan dimudahkan segala urusannya.. amiiin

      — ais ariani:
      ahahahahahha..bedaku tipis lah Mbak sama Hilwa🙂
      *ngakak sendiri*
      hihihihihi…. tadi pagi aku ikutan upacara loh.. —

  2. Neng ultah toh,,
    Ternyata kamu leo,,
    Pantes ya ada banyak hal hal unik dari seorang leo yang ada di diri kamu,,
    Tebakan ku benar,, kamu leo

    Happy bday ya neng,,
    Wish u luck and all the best,,
    Kamu hebat waktu ultah dirayain sama semua orang indonesia🙂🙂

    Dirgahayu Negeriku,,
    Merdeka!!!

    — ais ariani:
    iyah, dulu waktu kecil dibilangin mamah kalau ultahku gak perlu dirayain, soalnya satu negara ikut merayakan
    hehheheheheheh😀
    eh unik sebelah mananya? gak galak kek singa tapi kan?
    terimakasih yah Put…. —

  3. terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, tetep kita harus selalu cinta dan bangga dengan negara kita sendiri, negara Indonesia ya…😀

    — ais ariani:
    iyah mas.. harrruuusss
    Merdekaaa!!!
    *berapi-api*
    hihihihi… —

  4. Merdeka….semoga Indonesia makin jaya dan damai

    — ais ariani:
    amiiiin Mbaak … —

  5. oiya, mbak ais kok bisa sama sih tanggal lahirnya, hehe…jadi dirayakan sluruh Indonesia tuh..

    — ais ariani:
    iyah Dek.. kata mamahku ultahku gak perlu dirayain, secara mamahku bilang udah dirayain sak Indonesia, jadi aku kalem-kalem ajah deh
    hehehehhee… —

  6. niee

    Wah ulangtahun yak is.. selamat yak.. *btw masih mikir bbrp bulan yg lalu ais ngadain give away itu bukan ultah yak*

    ya.. kalau mikir gini selalu aja merasa sedih.. pembicaraan di pontianak yg gak asing tapi buat miris adalah: “yg merasakan nasionalisme itu hanya yg dipulau jawa. disini? nasionalisme hanya sebuah kata, masih byk yg merasakan ketidak adilan”

    Ya entah lah.. coz klo emg kalimantan barat mau buat negara sendiri *isunya udh sering* aku ganggapnya biasa aja seh..

    Sekalilagi selamay ulangtahun untuk kalian berdua🙂

    — ais ariani:
    iyah Nie.. aku yang seumur hidup tinggal di tanah jawa sebenernya kadang suka agak miris melihat perkembangan beberapa daerah di luar Jawa yang gak seheboh Pulau Jawa,
    tapi membayangkan kesamaan perkembangan dengan ratusan pulau di dalamnya memang agak membingungkan (bayanginnya ajah bingung, gemana ngelakonin dan merancakannya yah Nie..)
    anyway, terimakaish yah buat ucapannya tapi🙂 —

  7. apapun yg terjadi, tetep jayalah indonesiaa..

    mba ais jg ultah hari ini,, wewww,,, dirgahayu juga buat mb ais, baroka_Allah

    — ais ariani:
    pasti Mas, apapun yang terjadi.. tetep jayalah Negara kita
    dan terimakasih yah Mas buat ucapannya🙂 —

  8. *Peluk Ais, cipika cipiki*😀
    Semoga kegalauan pada Ais dan Indonesia, bisa segera sirna🙂


    — ais ariani:
    ihh bener bangeeet kak!
    makasih yah Kak🙂 —

  9. ciyeeh yang lagi ulang tahuun.. selamat merayakan ulang tahun yang ke duapuluh sekian ya Ais.. *plaak..

    mau dikado apa nih?.. listrik buat daerah yang belum dapet?..atau guru buat sekolah pedalaman?.
    #gaya bener deh aah kadonya

    — ais ariani:
    mau dua-dua nya mas Gaphe, bolehkan?
    kalau boleh request, gurunya sampai ke Pulo Kemo, Ende di Flores ya😀 —

  10. Tulisannya keren, Ais…happy b’day juga ya, smoga Ais dan Indonesa bisa memberikan banyak hal positif bagi masyarakat kita…

    Seandainya saja kepedulian ini dimiliki oleh banyak orang, Ais!🙂

    — ais ariani:
    Bu Irmaaaa…ih kangen ihh sama tulisannya
    *kiss
    banyak yang peduli kok Bu, negara ini masih tetap ada dan akan Jaya selalu selama masih banyak orang peduli. Bukan begitu Bu Irma?🙂 —

  11. Eh iyaaaa, peluk erat-eratnya ketinggalan ya, juga cipika cipikinya…😀

    — ais ariani:
    *seneng*
    seneng Bu Irma masih sempet main ke sini🙂 terimakasih untuk ucapannya juga yah Bu dan doanya🙂 —

  12. Pingback: Bangga Jadi Anak INDONESIA!!!!!!! « Cerita Usagi

  13. DIRGAHAYU ais🙂

    — ais ariani:
    Merdekaaa!!!! —

  14. wahwah … ada yang ultah hari ini? coba tau, udah tak ajak nonton kungfu panda tadi😛

    met milad ya ais, ga usah mikirin yang berat,
    tar stres sendiri lho😀

    — ais ariani:
    Mbaaaaaaaaaaaaak…kemaren aku nonton transformer 3D loh, di deket rumahmu (keknya)
    hahahahahahaha… —

  15. met ultah yaaa hehehe

    — ais ariani:
    makasih ye🙂 —

  16. ta

    hepi berdei ya..
    semoga bahagia dunia, dan akhirat, semoga selalu dalam lindungan dan kasih Allah, lancar rejeki, dan sehat selalu😀

    di tunggu makan-makannyaaa =p

    — ais ariani:
    halllo Ta🙂
    terimakasih buat doa dan ucapannya
    lama yah kamu ndak nampak ta… —

  17. Dan aku tahu, kita berdua sama-sama bisa menghadapi semuanya.

    Saya suka kalimat itu …
    Amat suka …
    Ini Ais Banget …

    Selamat Ulang Tahun Ais …
    Gadis cantik bertopi koran …

    Semoga Sehat dan Bahagia Selalu
    Salam dan Doa saya


    — ais ariani:
    *tersipu malu*
    oom loooh… masih inget ajah foto aku pake topi koran. jadi malu.
    makasih oom enha, satu bulan dan satu hari bedanya yaa..🙂 —

  18. Eh…happy (belated) birthday ya Is… Hiks, aku ga bs ngasih apa2 nih, buat Ais, juga buat Indonesia, selain doa tulus, semua doa terbaik untuk kalian… Aamiin…

    — ais ariani:
    amiiin Teh,… —

  19. wahh… ada yang ultah.. selamat yah.. selamat.. selamatt,,, ehmmm #selamat… #nunggukuedibagiin

    — ais ariani:
    *ngasih serbet
    hloh?!?!?!
    hahahahha.. makasih Diek🙂 —

  20. Kalau tujuan negara sudah jelas tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ketiga. Sementara para pejuang dan para pahlawan kita dahulu punya tujuan untuk kemerdekaan dari penjajah. Kini tugas kita mengisi kemerdekaan itu dengan hal-hal yang positif.


    — ais ariani:
    yup, masih menjadi tugas kita bersama untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang postif yah🙂 —

  21. Happy birthday, semakin tambah usia makin mantap dalam berkarya

    — ais ariani:
    amiiin.. terimakasih untuk doa dan ucapannya🙂 —

  22. hloooo??? coba tau kan kita makan tumpeng bareng is😀

    met milad ya neng …
    semoga sukses selalu
    dimudahkan urusan untuk mewujudkan cita2 …
    biar cepetan pake toga yak :D:

    — ais ariani:
    mbaaaaaaaaak…kapan kita nonton kungfupanda bareng?? yang 3D??
    di MOI yah mbaak
    huehehehehhee.. makasih yah mbak buat doa dan ucapannya,
    kalau aku pake toga, nanti aku pajang di sini ah
    (amiiiinnnnnnnnnnn) —

  23. merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa~
    semoga kita bisa merdeka dari korupsi dan teman2 :”(


    — ais ariani:
    amiiin semoga. Merdekaaa!!! —

  24. Whoooa,, telat mampir, telat ngucapin selamat…
    Tapi ga ada doa yang terlambat kan?
    semoga umurnya berkah dan bisa memberikan sesuatu yang berguna bagi Indonesia…
    selamat ya mbak ais😀

    — ais ariani:
    makassssiiiiihhh Ameeeel🙂
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiin…–

  25. eyha4hera

    happy bday ais….
    berharap yang terbaik buat kamu…
    # traktir yahh….hihihihih….

  26. Met ultah Ais😀
    Semoga banyak kebaikan didapati seiring bertambahnya usia dan semoga harapan harapannya pada negeri ini dapat terwujudkan ya.

    Salam.. .

  27. tgl 25 masih di yk ga say?
    japri ke imel yah…

  28. bintang

    ya ampoooon aish ultah ??
    Cemama nii kok ga ada undangaaann ??
    Ga ada undangan = ga ada kado
    eheheheh

    eniwey
    selamat ulang tahun sayang
    semoga selalu bahagia
    #it’s really ‘just’ number 😀

  29. Selamat ulang tahun negaraku😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s