ulang Janji

SMA adalah masa jaya-jayanya sebagai seorang pemuda (cieee…). Masanya mencari jati diri (yang ternyata ampek setua ini belon ketemu), masanya jatuh cinta pertama kalinya, masanya belajar mengenai komunitas dengan segala konflik di dalamnya, masanya belajar bertanggungjawab pada pilihan-pilihan.

Heleh ngemeng apa coba si ais.

Pengantar ceritanya aneh banget deh. Padahal hari ini saya mau cerita soal hari Pramuka. Yup, tepat hari ini, tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari Pramuka. Saya tidak akan pernah melupakan itu, sama seperti saya tidak melupakan tanggal 17 Agustus sebagai hari kelahiran saya hari kemerdekaan RI maksudnya😉

Terus hubungannya masa SMA sama tanggal 14 Agustus sebagai hari pramuka apaan Is? Karena, pertama kali tahu hari pramuka itu jatuh pada tanggal 14 Agustus, pas saya SMA. Harap maklum, di Ibu Kota keknya sepahaman saya ekskul Pramuka tidak membahana seperti di daerah. Di Purwokertolah saya belajar mengenal Pramuka. Awalnya sempet gondok waktu tahu ekskul Pramuka wajib buat siswa kelas satu. Gondoknya karena: what? Pramuka? Terakhir kali ‘pramuka’an itu waktu SD, masih Siaga, masih belajarnya Dwi Dharma, masih belajar simpul-simpulan yang gampang-gampang itu. Eh ini kok pas SMA suruh ngapalinnya Dasa Dharma, terus tali temalinya emang udah gak ada yang ada belajar masang dragbar (ini nulisnya pegimane sih?), terus rasanya semua orang sekitar saya pada bisa sandi Morse, sandi rumput dan atau Semaphore!

Owemji… Pramuka adalah horor bagi saya. Gak seperti kebanyakan anak-anak kelas satu laennya yang males berangkat latihan pramuka, saya tidak malas, saya hanya takut. Takut karena saya gak hafal Dasa Dharma, takut karena saya gak bisa bahasa jawa, takut karena saya gak bisa semaphore, pokoknya ketakutan-ketakutan atas ketidakmampuan saya sebagai seorang Pramuka.

Tappppi… bagian yang paling konyol dari keaktifan saya di Pramuka pas SMA adalah: si anak baru yang tidak bisa apa-apa, yang ngapalin Dasa Dharma pas Kemah Bakti Bina Laksana (ini bener bukan kepanjangan dari KBBL?), yang ujian SKU (Syarak Kecakapan Umum, isn’t it?) untuk Penegak Bantara-nya bisa dirapel dalam waktu singkat, yang  ngeloncatin dragbar ini terpilih sebagai Pradana. Kamu gak tahu Pradana? Coba cek di sini buat mengetahui struktur kepengurusan Dewan Ambalan.

Konyol menurut saya adalah karena itu  pertama kalinya sifat sok ngatur dan sok tahu saya diakui dalam struktur (Hahahahahahaha….).

Sepanjang karir saya sebagai Pradana *tsaah saya mengalami banyak peristiwa yang membuat saya belajar bahwa: tidak selamanya kawan yang mendukung secara politik  atas kepemimpinan kamu mendukung setiap keputusan kamu. Dan mereka bisa jadi merupakan kritikus handal dalam setiap langkah kepemimpinan kamu. Politik itu hebat loh, bisa menjadikan kamu musuh publik sekaligus dicintai oleh publik. Jadi, buat adek-adek yang pengen belajar politik praktis, masuklah organisasi. Gak usah Pramuka kalau kamu bersin-bersin pas pake baju cokelat itu. Kamu bisa ikut Pencinta Alam, PMR, atau Paskibra atau OSIS.

FYI aja nih… Pramuka menurut saya mencakup semua ekskul. Kamu bisa jadi anak pencinta alam di Pramuka (saya nyicip rapling juga di Pramuka), kamu bisa jadi anak PMR di Pramuka (hei,kan udah dibilang: belajar bikin dragbar), terus kamu bisa belajar baris bebaris juga di pramuka, dan yang pasti: kamu bisa belajar mengenai Organisasi di Pramuka.

dan, kamu bisa belajar mengenai cinta di Pramuka. Huahahahhahaha…..

***

Salah satu prosesi yang tidak dilupakan saat memperingati hari Pramuka pas SMA adalah: Ulang Janji. Ulang janji biasanya dilakukan di malam 14 Agustus, biasanya tanggal 13 malem. Ulang janji pertama saya itu tanggal 13 Agustus 2001, saat itu saya sudah dilantik menjadi Penegak Bantara, tapi belum menjadi Dewan Ambalan. Kami berbaris memutari semacam api unggun lalu ada sepuluh petugas yang membawa obor dan mengucap Dasa Dharma Pramuka:

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, trampil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Dan entah kenapa, setelah itu saat berkumandang lagu Syukur saya merinding. Haru. Saya mencintai masa-masa keaktifan saya di Dewan Ambalan Pandawa Srikandi tempat saya bernaung dulu. Itu adalah masa-masa penuh kenangan, penuh pengalaman, penuh pembelajaran dari masa SMA saya.

Walaupun sangat sedikit kawan-kawan saya sekarang yang percaya kalau saya ini Pradana Dewan Ambalan (jangankan mereka, hlahwong saya ajah juga kadang gak percaya…).

Selamat Hari Pramuka wahai Pramuka Indonesia

🙂

Salam Pramuka!!

 

***

Postingan kali ini didukung oleh kenangan tahun-tahun saya di Dewan Ambalan Pandawa dan Srikandi GuDep 02.456-02.457 (yang kalau ditulis di sini bakalan jadi ber part-part), dukungan dari Wikipedia untuk Dasa Dharma Pramuka-nya (it’s been 10 years! udah lupa banyak saya. Hahahhahaha).

PS: Foto yang saya punya cuman ini, maklum jaman saya SMA belon ada teknologi kamera digital, dan saya terlalu malu buat ‘nyuri’ foto di sanggar, dan ini juga hasil tag-tag an di FB. Hehhehehehe…Gak akan ketebak juga saya yang mana. Hlahwong burem ngono kuwi og

17 Comments

Filed under [drama] lepas, [drama] sekitar

17 responses to “ulang Janji

  1. masih hafal dasa darma Ais? atau lihat dibuku ya hehehe

    — ais ariani:
    Thanks to google mbak😀
    and thank to wikipedia😀 —

  2. he….he…he..he. aku terakhir pramuka itu SD kalau gak salah,,
    SMP gak ikutan,,dan di SMEA gak ada pramuka…

    dragbar itu opo toh..🙂

    — ais ariani:
    dragbar itu tandu Put, yang buat nandu orang sakit kalau misalnya pas kita ada hiking atau apa gitu…
    jadi dulu kalau dragbar itu gak boleh dilangkahin, kalau anak PMR tahu kita ngelangkahin dragbar, kita pasti disuruh push-up
    iyah Put aku juga kalau ngelanjutin sekolah di Ibukota keknya bakalan begitu… gak ikut pramuka. hehehehehe… —

  3. Mantyaaaappp … Pradana Jo …

    yang jelas …
    saya ngalamin Pramuka dari SD – SMP …
    dan ketika SMA … saya tidak ikut gugus depan SMA saya tetapi saya tetap ikut Gugus Depan SMP saya …
    So jadi penegak ya di SMP itu … asisten kakak pembina …

    hehehe

    Yang jelas …
    Di Ibukota … ada suatu masa dimana Pramuka juga ngetrend lho Is … tapi sekarang sudah tidak lagi …

    Kaum reformis pragmatis pasti menanyakan apa gunanya berkemah … apagunanya menghafal dasa dharma … dan seterusnya … (suudzon nih)

    Salam saya


    — ais ariani:
    oh iya yah Oom? sepertinya aku gak ngalamin masa itu oom. ikut pramuka pas SD juga cuman belajar arah mata angin,
    dan keren loh oom bisa ampek jadi asisten Kakak Pembina; satu hal yang pengen banget aku lakuin pas SMA, tapi gak punya Gudep yang mempercayai aku
    ahahahhaha… 😀 —

    • saya pernah dengar di tok sow …
      ada kaum reformis pragmatis caca marica hey hey … saya lupa siapa dan dari anggota masyarakat bagian mana … yang jelas dia bilang Pramuka itu katanya indoktrinasi gaya orde baru … (tentu dengan gaya sok tau ngomongnya … seperti biasa …)

      hahaha

      Salam saya Is

      dsn …

      HIDUP PRAMUKA INDONESIA

      — ais ariani:
      haaaaaah? indoktrinisasi macam apa sih yang mereka maksud? memang benar-benar pragmatis mereka mungkin oom…
      Hidup Pramuka Indonesia!!

      Salam Pramuka! —

  4. waahh,, jadi kangen sama anak-anak pramuka juga deh is, aku dulu pramuka di SMA sampe Laksana loh *bangga* Tapi yang buat gak semangat pramuka adalah seragamnya itu, rasanya gak keren yak coklat2 gak jelas gitu. Andai pramuka seragamnya rada kerenan, pasti aku bakalan betah dah😛

    — ais ariani:
    Kakak Penegak Laksana, salam Pramuka!
    hahahah. SKU ku keisi cuman tiga butir waktu mau ujian penegak Laksana
    *tutupmuka*
    keburu lulus dari SMA dan udah gak ada minat mau pramuka-an lagi, karena gak ketemu kawan-kawan satu ‘pangkalan’ lagi😦
    ebat lah Niieee…
    Salam Pramuka!🙂 —

  5. Ya, jadi keingat saya sudah dua tahun gak mengikuti ulang janji. Habisnya disini gak dilaksankan karena berbarengan dengan bulan puasa.
    Mau ulang janji sendiri keknya gak mungkin banget. Lha, siapa yang bawa sepuluh obor, ntar?.


    — ais ariani:
    hehehehhehe.. tadi malem di bekas Ambalanku mbikin ulang janji Pak Guru, namun berhubung aku udah terlalu tua dan agak-agak gak PD ketemu sama adek-adek kelas, aku gak dateng😦
    gak ada temennya juga. agak malu kalo ternyata nyampek sana jadi yang paling tua. hohohohoho… —

  6. kayaknya diriku pernah hapal dasa dharma.. tp th 89, hihi

    — ais ariani:
    tahun 89?!??! kenal Dwi dharma ajah aku belon Mbak
    hihihihihi… —

  7. Saya salut pada orang2 yang suka pada kegiatan pramuka.
    Saya sendiri nggak merasakan asyiknya ber-pramuka.:mrgreen: Terakhir kali pramuka ya SD.😎

    — ais ariani:
    hehehehhe, mungkin masalah kesempatan ajah kali yak Sop🙂 —

  8. Gue sekali doang ikut kegiatan pramuka, itu pun waktu SD, wkwkwk…😆
    Padahal kasian bokap gue, udah capek2 buatin tongkat pramukanya, ahahahah…
    Tepuk pramuka..prok..prok..prok, wani piro?😆

    — ais ariani:
    huahahhahahhaa.. Py ini.. kasihan Bokap loh, udah capek2… —

  9. duh, di mana2 bicara ttg pramuka, dan saya cuma ndlongoph.
    saking waktu sekolah tidak diijinkn ikut ekskul😦 maklum anak pingitan hiks

    — ais ariani:
    hadeh hadeeh gak nyangka juga Mbak satu in iternyata anak pingitan yang dilarang ngapa2in dulunya
    Padahal.. [adahal keknya gaul uhuy banget. ternyataaa…
    hehehehehhee… —

  10. ais..apa kbr kangen deh…ais aku ga pernah ikutan pramuka loh..soalnya dulu di muhammadiyah pramuka itu ekskul ga wajib,.,jadi ga ikut hehehe…:D

    ais rencana aku libur lebaran mau ke jogja..pengeennn deh ketemu langsung sama ais,,,^^ ntar kukabari lg ya…

    — ais ariani:
    Mbaaak Puterrriii…
    *cup
    kabarku Alhamdulillah baek, huaaaah… aku lebaran malah di Jakarta Mbak, eh tapi tanggal berapa Mbak ke Jogja nya?
    siapa tahu aku udah balik lagi ke Jogja.. kebarin yah Mbak🙂 —

  11. SD-SMP jadi ‘jurig’ Pramuka Is, smp diomelin ci Mamah coz kemaaaaa mulu, prestasi terakhir keknya jadi juara umum ke-3 pas LT III sekabupaten Majalengka, itu pas kelas 1 SMP hahahaha… selalu menyenangkan ya, pas SMA ga ikutan lg, bosen hihihi


    — ais ariani:
    wuiiii kereen pisan ih si teteh menang pas LT. secara yah aku pas itu mbikin LT, dan blass planga plongo melihat ketrampilan adek-adek SMP
    keren lah Teh…
    tapi emang iya, temen2ku yang pas SMP aktif pramuka, pasti pas SMA pada kagak mau pramukaan lagi.hehehhe… —

  12. Selamet Hari Pramuka juga..!!

    Aku mulai ikutan Pramuka dari SD-SMP,seruu kemah mulu..paling seneng pas acara Api unggun,kumpul2 sambil ada permainan2..iihh seruu..Paling

    — ais ariani:
    mbaaak… iyah kalau kemping tuh paling enak pas malem keakrabannya. serrrru😀 —

  13. Salam pramuka,,,,,,,,,,,,,,,
    aduh mba ais,,
    justru SMA adalah masa2 kemunduran saya dari ketertarikan dengan pramuka… hehee,
    SD & SMP paling aktif, tpi pas SMA, malah kucing2an kalau mau ekstra pramuka….😀

    — ais ariani:
    ahahahahahahaha..sama kek beberapa temenku yang SMP nya jadi pratama, pasti pas SMA udah males-malesaan… —

  14. klo igt pramuka.. igt jaman2 SMP ajah..😀 pramuka…😀

    *komen geje ini disponsori oleh.. dieka’s blog heehehe

    — ais ariani:
    ahahahahahhaa..kamukan selalu geje Diek😛 —

  15. Hehehehe seumur-umur dari SD ampe SMU gak pernah ikutan Pramuka. Di SD Pramukanya cuma baju tapi kegiatannya Drum Band itu pun saya bolos mulu *kabooor*

    — ais ariani:
    hehhehehe, gak usah kabur, gak aku hukum kok😀 —

  16. Pingback: NINE FROM THE GIRLS 2011 | The Ordinary Trainer writes …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s