melawan

apa yang terberat di bulan puasa?

Waktu SD, kawan-kawan SD saya satu sekolahan yang puasa bisa dihitung pake jari. Dulu saya SD nya di SD Katolik, rata-rata muridnya emang non muslim. Jadi jaman itu bagi saya puasa adalah menahan lapar dan haus. Sementara tetangga yang seumuran saya libur, sekolah saya gak pernah libur pas bulan ramadhan. Kantin juga gak tutup. Kehidupan sekolah seperti biasa. Masih maen karet, maen benteng, istirahat juga masih pada maen ke kantin. Yang istimewa hanyalah: duit jajan saya aman, karena saya gak ngeluarin duit buat jajan.

Satu peristiwa tidak terlupakan bagi saya pas puasa jaman SD adalah: saya pernah batal puasa, gara-gara ndorong mobil jemputan saya yang mogok. Waktu itu kelas 3SD kalau gak salah. Saya menelpon mamah saya di kantor pas mau batal puasa itu. Minta ijin batal. Mamah ngomel, tapi saya tetep buka kulkas buat minum. Haus banget.

Pas maghrib tiba, saat seisi rumah duduk dan membatalkan puasa pake kacang ijo buatan mamah, saya mupeng berat. Mau pura-pura ikutan buka kok aneh. Padahal dari batal puasa ampek maghrib itu saya gak ngapa-ngapain; saya cuman tidur.

Nyesel banget waktu itu. Sampai hati saya bersumpah kagak bakalan ada batal puasa-batal puasa berikutnya. Tapi namanya juga anak kecil (tapi harusnya ini bukan pemakluman sih. hihihihihi…).. besok-besok emang gak ada batal-batal di muka umum, tapi di belakang (apa namanya? di belakang umum? atau tidak di muka umum?) saya sering banget belagak ketelen aer wudhu pas ambil aer wudhu. Terus pas masuk kamar mandi gosok gigi sehari ampe lima kali, pas ada tukang yang ngerjain perbaikan rumah kan ada minuman yang disajikan, saya minum aja loh jatah tukang itu. Terus yang paling tidak terlupakan adalah makan buah belimbing di bawah pohon belimbing bareng sama tetangga saya pas orang-orang pada sholat Jum’at.

Dan setelah semua kecurangan dan kejahatan itu saya lakukan, saya pun belagak senang dan girang pas bedug maghrib datang. Saya pun ceria minum teh hangat yang disajikan. Itulah kenangan bulan ramadhan waktu saya kecil yang paling saya inget. Minus ngejar-ngejar ustadz untuk minta tandatangan buat buku ramadhan kek punya tetangga-tetangga saya yang bersekolah di sekolah umum atau sekolah negri, karena di sekolah saya pelajaran agama islampun gak ada. Hehehehehehe.

Alhamdulillah, udah setua ini udah bisa menahan lapar dan haus, masih belajar menahan hawa nafsu lainnya, termasuk nafsu marah-marah, nafsu buat ngomongin orang, nafsu yang laen deh. Tapi bulan puasa tahun ini yang agak berat saya jalani adalah melawan rasa malas. Bangun tidur dan mengangkat badan ke kamar mandi rasanya berat banget buat saya.

Kalau kamu, bagaimana pengalaman puasa waktu kecilmu? Dan, tahun ini puasa gimanah?

19 Comments

Filed under [drama] lepas

19 responses to “melawan

  1. sama aku juga kalau ada apa-apa minta ijin dulu. ijin batal puasa, ijin gak sekolah juga bahkan ijin ga kuliah, walaupun ga kemana-mana


    — ais ariani:
    hehehhe. samma banget yah Mbak, aku sampek setua ini kalau mau maen ke luar kota ajah masih minta ijin loh Mbak.
    padahal kalau dipikir-pikir gak bilang juga gak ketahuan sih *ups
    hehehehhe —

  2. hahaha..ya ampun mbak ais..😛
    puasa masa kecilku sih alhamdulillah, ga pake acara ngumpet2 buka..😀

    — ais ariani:
    hehehehhehe, maklumlaaah Fit, namanya juga anak-anak.hihihi —

  3. bintang

    puasa bulan ini,
    ada sms brondong yang menghiasi hape saya
    #eeeeetdah 😀

  4. Kalau saya ada acara ngejar2 ustadnya. Bahkan pernah sampe malsu tanda tangan, hehe.. Moga2 nggak ada yang niru ya.

    — ais ariani:
    hihihihi, aku gak bilang deh, tapi bocorin nama Ustadznya boleh ndak??😀 —

  5. bintang

    idih komengku gemana seh itu
    maksudx puasa minggu ini
    #soalnya belom tentu minggu2 besog begindang jugah 😀


    — ais ariani:
    ajiiiieeeeeeeeeeeeee…… nyang ndapeet brondooong. nyang brondooooong.
    huahahhahaha.. ampek salah nulis gituuu… —

  6. hahaha,,, ajaiib.😀
    waktu kecil alhamdulillah puasanya lancar2 aja, ga ada acara ngumpet2 buat batalin puasa,,,😀 (takut dimarahin ibu.. :D)

    — ais ariani:
    semoga udah besar begini puasa fullnya gak gara-gara itu yah mas
    hehehehehhehehe😀 —

  7. Itu adalah pelajaran bagi kita semua ya, bahwa hati nurani memang tak bisa berbohong meskipun di depan orang lain bisa saja berkata dusta.

    Waktu sekolah dulu dapat tugas minta tanda tangan imam setiap selesai sholat fardhu berjamaah


    — ais ariani:
    iyah. hati nurani yang belon tercampur oleh emosi dan pengetahuan serta pengalaman lainnya🙂 —

  8. Dulu kalo puasanya full satu hari akan dibelikan ibu agar-agar dengan wadah yang lucu dan wadahnya bisa digunakan tuk main masak-masakan. Makin semangat puasanya. Kalo puasa tahun ini sayanya malah sakit *mengusir jenuh lewat bw*😦


    — ais ariani:
    Mbak Yuli lagi sakiiiit? Sakit apah?
    kecapean yah sama kerjaan barunya? —

  9. Aku suka kumur-kumur pake air dingin terus sutuh temen kagetin biar ketelen:mrgreen:
    (dan ini bukan masa kecil tapi tahun lalu huahahahaha…..)

    — ais ariani:
    uahahahhahaahahahhahahaha… Cantiiik.. mamahmu punya tips lebih jitu iki..😀 —

  10. Pas kecil sore2 gituh suka berenang (baca : mandi) di sungai Is, you know lah apa yg terjadi selanjutnya qiqiqiq…


    — ais ariani:
    ahahhahahaha.. kurang lebih agak-agak mirip kejadian gak-sengaja-ketelen- kan Teh?😀 —

  11. hihiihih…sama aja deh kayaknya Ais, waktu masih kecil2 kita semua , jarang yg ada penuh puasa sebulan, banyak batalnya😀

    mudah2an puasa tahun ini benar2 bisa menempa diri, apalagi umur gak tau kapan selesainya utk segera bertemu Yang Maha Kasih🙂
    salam


    — ais ariani:
    bener Buun… mungkin waktu kecil pemahaman untuk bertemu dengan ramadhan berikutnya masih belon kek sekarang yah Bun… —

  12. puasa waktu kecil selalu mesti diiming-iming duit kalo bisa sampe bedug.
    sekarang? malah g ada yang mau ngasih duit padahal udah sampe bedug *garuk2 kepala


    — ais ariani:
    hahahahha.. niatnya harus ditelaah ulang kalau begitu😀 —

  13. zaman SD saya berusaha puasa hingga waktu buka tapi baru kelas 4 saya bisa puasa full:mrgreen: inget waktu SD kelas 2-3 puasa cuman sampai jam 12. terus berinisiatif seminggu terakhir paling tidak berhasil sampai magrib. pertama buka jam 1, buka jam 2, buka jam 3 buka jam 4 (bener-bener sesuai skedul) eh dasar bocah yah padahal tinggal satu jam lagi magrib tapi berhubung saya janji berbuka jam 5 akhirnya saya buka juga tuh jam 5😆 … hari terakhir kirain saya bisa sampai jam 6 (magrib) tapi hari terakhir puasa justru saya sakit dan berbuka jam 11:mrgreen: kocak bener deh …


    — ais ariani:
    ahahahhaha.. tanggung banget mas boi, mossok jam 5 bukak? kenapa ndak tidur ajjaaah.
    heehheheheh… —

  14. salam hangat dan salam kenal…jangan lupa mampir disini ya,,,

    — ais ariani:
    salam hangaat🙂 —

  15. yahhh… masa kecil aq lurus2 aja kyknya.. garing 😀

    — ais ariani:
    emang sekarang udah gede?
    *eh.. —

  16. Insya Allah puasa saya sampai hari ini masih lancar.
    Kalau masih kecil, memang anak-anak punya banyak “akal” untuk membatalkan puasa, saya pun tentu saja juga pernah….🙂

    — ais ariani:
    Alhamdulillah Mbak Zee kalau mash lancar.
    setidaknya udah tahu taktik anak-anak gitu yah mbak
    hehehehhe.. —

  17. saia punya catatan bagus dari seorang blogger juga waktu BW.. usahakan tuk gag marah waktu sedang memarahi orang lain.. cakep tuhh🙂 kontrol emosi🙂


    — ais ariani:
    hah..gemana cara untuk gak marah pas marahin orang? —

  18. jujur saja, saya juga benci Pramuka jadi ekstra kurikuler wajib saat itu. Berkemah itu menyebalkan. Mungkin krn saya anak manja ya. Hihihih…
    Tapi sekarang saya ngga benci kok (ya iyalaaahh… emang kerja di kantor disuruh Pramuka??)

    — ais ariani:
    *baca postingan,habis itu baca komen*
    liat ke atas lagi, terus liat komen ini*
    hahahahhaha…ih Abang ini salah komen deh keknya😀
    di kantor gak dipaksa pramuka, tapi dipaksa upacara gak?
    hehehehehe… —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s