selamat ulang tahun Bro :)

dulu sewaktu baru bisa berbicara, saya memiliki kewajiban untuk memanggil kakak saya dengan sebutan; ‘Mas Arsyid’.  tapi saya mendatangi mamah suatu waktu dan berkata;

mah, ais gak bisa manggil matati, kalau ais manggilnya Kakak boleh gak?

[lidah saya menyebut mas arsyid dengan sebutan: matati]

setelah itu saya selalu manggil dia dengan sebutan Kakak. dan itu membuat dia memiliki panggilan Kakak oleh beberapa anggota keluarga besar. dia bukan kakak yang menakjubkan, bukan kakak yang perhatian sepenuhnya kepada saya dan adek saya, dia kakak yang menyebalkan, menjengkelkan dengan segala macam godaan dan ledekan yang dia alamatkan ke saya.

dia memiliki bakat seni yang tidak diturunkan secara genetik ke saya. dia jago gambar. jago banget untuk ukuran saya. hingga saya sering meminta dia mengerjakan tugas gambar saya. dia menyanggupi, dengan syarat : “bikinin gw mie goreng!”

dan saya bagaikan kacung, selalu membuatkan dia mie goreng. kedua orangtua kami bekerja sewaktu kami masih duduk di bangku sekolah dasar, hingga di rumah selalu ada persediaan mie instan dalam beberapa kardus. ada kalanya, dalam seminggu saya, adek saya dan kakak saya menghabiskan satu kardus dalam satu minggu. sebagian besar dimakan oleh kakak saya dengan menyuruh saya untuk membuatkannya.

bukan cuman itu, dia adalah kakak yang cukup manipulatif. dia bisa mengatasnamakan kami, adek-adeknya untuk meminta sesuatu ke orangtua kami. dulu, sewaktu meminta playstation demi mengganti super nintendonya, dia mengatasnamakan kami;

“iyah mah… beli playstation ajah, biar ais gak maen dingdong melulu. dia bisa maen di rumah, agil gak maen ke rumahnya Anzal melulu”

fyi: dulu saya emang ada masanya saya doyan maen dingdong or whatever itulah namanya.

dan saat playstation sudah di tangan, apakah dia memberikan waktu bagi adek-adeknya yang polos ini menggunakannya? tentu tidak, karena dia lebih memilih berbagi stick dengan kawan-kawannya. adek-adeknya yang cupu dan polos ini hanya bisa bermain PS saat dia tidak ada di rumah. dan ini cukup sulit, karena PS masuk lemari yang di kunci saat weekdays dan hanya dikeluarkan saat weekend.

sewaktu tahun 1991 kami sekeluarga pulang ke kampung Bapak saya di Flores, kakak saya menjadi bintang di kampung. dia mampu berbaur dengan anak-anak aseli situ. dia menciptakan permainan-permainan yang menakjubkan, yang mampu membuat anak-anak aseli penduduk kampung situ memujanya. sementara adek saya masih terlalu kecil untuk saya ajak bermain dan penduduk aseli rasanya agak lebih sulit menerima anak perempuan [atau saya yang kurang bisa berbaur?]. Jadi saya hanya sembunyi di ketek mamah saya, sementara iri setengah mati melihat Kakak bermain dengan leluasa dengan kawan-kawannya.

adaptasi yang dia lakukan di Purwokerto saat masuk salah satu SMA Negeri di kota itu sangat menakjubkan, sehingga tidak ada yang percaya bahwa saya si anak baru dari Jakarta ini adalah adek kandung dia. dan dia memang tidak pernah mau berramah tamah di depan umum dengan saya [hahahahahaha…].

saya pernah membencinya, setengah mati. saya pernah meneriakinya dengan segala macam makian kalau dia dengan isengnya ngerjain saya. saya pernah berharap tidak memiliki Kakak laki-laki. Itu dulu, sewaktu kami masih muda, sewaktu darah kami masih berapi-api seperti lagunya Bang Oma.

Hubungan kami bukanlah hubungan ideal kakak-adik yang saling perhatian.

tapi sebenarnya, jauh di lubuk hati saya, saya sebenarnya mengaguminya. mengagumi kesederhanaannya dalam bersikap, ke kreativitasannya serta keteguhan hatinya. Tahukan kawan bahwa dia menikah di usia yang lebih mudah daripada saya saat ini? dan usia kami hanya terpaut dua tahun, namun ia sudah memiliki anak lucu berumur satu tahun.

saya iri dengan kemampuannya yang cukup berani dalam mengambil keputusan untuk menikah.

saya tahu, dalam lubuk hati yang paling dalam dia menyayangi saya, adik perempuan satu-satunya. dengan caranya yang unik. dia dan kawan-kawan SMA nya pernah membuat perjanjian bahwa tidak ada yang boleh mendekati adeknya [pantes saya dicuekin waktu naksir temen sekelasnya. Hahahahaha…]. dia tertawa meledek tiap ada pria yang saya akui sebagai ‘pacar’. Semua pria. mulai dengan si ini begini atau si itu begitu, pasti dapat label dari dia.

saya memujanya dalam diam. mungkin dia tidak pernah tahu bahwa saya mengimpikan membangun rumahtangga seperti ia dan istrinya. saya mengimpikan memiliki anak yang lucu seperti Zaidan, puteranya. saya ingin memiliki rumah yang hangat dengan lantunan ayat suci seperti rumahnya.

saya mengidolakannya, bahkan tanpa sadar ternyata si Captain pun memiliki sikap tak peduli a la anak sulung seperti kakak saya.

dan di tanggal 3 Juni ini, dia si Kakak yang menakjubkan itu berulangtahun.

Selamat Ulang Tahun, Kak. Kakak mungkin bukan Kakak terbaik yang dimiliki oleh seorang adek perempuan, tapi aku sayang Kakak.

🙂

*dan selamat juga buat Kak Lely yang ternyata berulang tahun juga hari ini. selamat ulang tahun Kak, semoga sukses selalu yah

24 Comments

Filed under [drama] sekitar

24 responses to “selamat ulang tahun Bro :)

  1. Selamat ulang tahun untuk kakanya ya !

    Salam
    Ejawantah’s Blog

    — ais ariani:
    terimakasih🙂 —

  2. Wah, senang juga ya, punya seorang kakak laki2 yg begitu mengagumkan😀
    Hmm.. Aku sedang memikirkan 3 org kakakku, semuanya laki2. Sepertinya mereka biasa aja tuh. Atau akunya yg kurang memperhatikan ya…:mrgreen:

    — ais ariani:
    mungkin karena banyak Kak, dulu kakak ku cuman sebiji
    eh sampe sekarang juga ding
    hehehhehe…. —

  3. Selamat Ulang tahun yaa buat kakaknya

    — ais ariani:
    Kamaaal.. terimakasih🙂 —

  4. sepertinya masa2 ‘tidak-menginginkan-punya-kakak’ hampir bisa terjadi di setiap anak perempuan kali ya?

    karena dulu saya juga gitu Ais..
    sempat sebel sekali dengan kakak saya…

    hehe.. tapi itu cuman emosi sesaat.. toh pada akhirnya.. kakak laki2 itu ada.. karena pasti suatu sebab.. untuk melatih kita jadi perempuan yang sekarang ini.. *walopun melatihnya nggak sengaja juga… hahaha

    — ais ariani:
    ahahahahahhaha.. mungkin yah Mbak, itu yang namanya naluri ke ‘kakak’-an.
    hihihihihi. ih ternyata Mbak Anna ngalamin juga toh.
    kalau gak ada mereka mungkin kita gak akan jadi seperti ini yah mbak.. —

  5. Nitip ucapan met ultah buat Kakaknya. Moga usianya makin berkah dan tambah bahagia selalu. Juga buat Mbak Lely.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    — ais ariani:
    pak Guru.. terimakasih🙂
    iyah aku tadi udah mampir tempatnya Pak Guru, insya Allah aku ikutan yah. —

  6. tuh kan Is.. quote aku dr bang Rhoma dipake juga ^^
    met ultah buat kakanya ya…

    — ais ariani:
    ahahahahha.. ntar aku edit ah Mbak dengan idea by: Mamah Hilwa😀 —

  7. selamat ultah buat kakak juga🙂

    — ais ariani:
    terimakassssiiih Mbaaak🙂 —

  8. happy borndday buat kk nya mbak ais..terharu baca bagian akhirnya..🙂

    — ais ariani:
    beginilah curhatan kami para adek Fit🙂
    makasih yaaah… —

  9. teriring salam & doa buat kakaknya mba, semoga diberkahi Allah SWT…

    smoga aja kakaknya baca mba…😀

    — ais ariani:
    terimakasih mas Bruri. iyah nih mau dikirim via email ke dia. tapi malu😦 —

  10. Haaa haaa haaa
    Happy bday kakak nya ais🙂

    Kita senasib yakkk
    Aku kalau berantem juga sering ngomong gini
    “Amit-amit jabang bayi punya suami kaya lo”
    Eh siabang malah bales gini
    “Gw lebih amit2 7 turunan 8 tanjakan 9 kelokan 10 tikungan punya istri kaya lo”

    Tapi abis itu yaa kita baikan lg

    — ais ariani:
    ahahahahhahaha.. putri.. putri… aku gak ampe maki-maki gitu sih,
    jahat juga yah kakak mu. hihihihihihi.
    tapi yah itu lah sodara, kalau kita lagi ngambek2an ujung-ujungnya pasti cepet bae an nya🙂 —

  11. Selamat ulang tahun buat Matati *ngikutin Ais waktu masih kecil*

    kita senasib is, punya kakak jadi-jadian :p

    — ais ariani:
    ahahahahahha, kakakku beneran ah me, gak jadi-jadian.
    hahahahahhaa.. rime.. rime… —

  12. wah, punya cerita banyak tentang si kakak yah
    saya kok menangkap inti postingan ini hmm
    adanya hasrat yang tersirat, tentang keinginan cepat2 dilamar? xixixixi

    — ais ariani:
    wuedyaaaaannn… kesimpulan dari mana Mbak?
    bukan nunggu dilamar, tapi nunggu punya keberanian menikah *kalem* —

  13. iya sama_sama.. kok tau q ulang tahun, yg ngasih tau siapa????🙂

    — ais ariani:
    tapi itu bukan aku loh…😉 —

  14. Selamat ulang taun buat matatinya ais😀
    semoga senantiasa menjadi insan yang penuh syukur..
    buat aisnya, kalo nikah, bikin tulisan yang mengupas habis segala detail persiapannya yaaa😀 hehehe..

    — ais ariani:
    weeksss… gy, aku jadi maallluuuuu… doain yah Gy secepatnya🙂 —

  15. selamat ulang tahun ya. semoga adeknya juga diberikan kesabaran lebih menghadapi kakaknya😀

    btw kamu dulu SMP mana jadinya hayoooo

    — ais ariani:
    ahahahahahaha. doanya loh ooom😀
    SMP Labscool rawamangun oom, tapi waktu itu aku masih angkatan VI,
    jadi keknya waktu oom di 99, labschool belon eksis yak😀 —

  16. aku juga punya adik perempuan, lahirnya tahun 84, semoga dia masih menyayangiku.

    selamat ulang tahun buat kakakmu.

    — ais ariani;
    jauh di lubuk hatinya dia pasti menyayangimu, Ki🙂 —

  17. saya pingin kakak perempuan…😦


    — ais ariani:
    kakak perempuan tuh cerewet loh dek, aku ajah gak mau punya
    hahahahahaha… —

  18. 🙂 Titip do’a Ais…buat kakaknya…Ais beruntung dech punya kakak cowok..Hani punya sih…, tapi sungguh Ais beruntung banget…

    Semoga kakaknya Ais sehat selalu dan diberi umur panjang untuk memimpinn keluarga yang dibangunnya🙂

    — ais ariani:
    terimakasih Hannniii…emang kakaknya Hani kenapah?
    ah kita semua kan beruntung Han pastinya🙂 —

  19. Agung Rangga

    wih, salam buat ‘matati’, semoga panjang umur, sehat selalu, dan bisa akur sama adeknya…😆


    — ais ariani:
    udah akur kok sekarang..
    hehehehe. udah pada tua soalnya.
    terimakasih Rangga🙂 —

  20. Saleum,
    dmilano ikut berbahagia ya…..
    semoga ada hikmah yang bisa dipetik dari kata selamat ulang tahun itu.🙂
    saleum dmilano

    — ais ariani:
    semoga yah Bang🙂 —

  21. Adduuhh, Adeik Centil yang gengsi untuk menyatakan perasaannya pada sang Kakak ck…ck…ck…
    Met ultah buat Kakakmu tersayang ya, Rianiii


    — ais ariani:
    teriamakasih bu Piet.. ternyata dia lagi sedikit gundah gulana bu Piet, makanya agak-agak dingin gak bales sms dan message serta emailku😦
    *curhat. hahahhahaha … —

  22. Ais, adik saya yang paling kecil juga ulang tahun di tanggal ini…gimana kalo kita bikin komunitas 3 Juni…*kurang kerjaan banget ya*😉

    — ais ariani:
    hihihihihi, kira-kira namanya apaan yah Bu? —

  23. Postingnya kereeeeeen…sampe nggak tau saya mesti terharu atau malah ketawa…

    Sambil baca saya jadi ngebayangin adik saya yang tinggal di Jakarta itu, adik kesayangan yang pendiam tapi penuh perhatian itu, adik bungsu yang sangat mengerti dengan kakaknya itu…

    Happy b’day buat mas Arsyid, semoga selalu sehat, bahagia dan sukses. Amin.


    — ais ariani:
    jadi kangen yah Bu sama adek bungsunya?
    pasti dia pendiam dan menyimpan banyak cerita buat Bu Irma…. —

  24. AKu punya kakak cewek, dan sering banget mikir kenapa aku gak punya kakak cowok ajah? hehehehe.. selalu merasa rumput sebelah lebih hijau ya is..
    meskipun terlamat, selamat ulang tahun buat kakaknya ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s