mahasiswa rantau!

Rambut metal gondrong, celananya bolong
Jarang makan apalagi jajan
Pacar tiada duit pun tak punya
Utang di mana-mana
Aku ini memang mahasiswa ripuh
Aku ini memang mahasiswa ripuh

***

ehem… saya sepertinya kehilangan arah setelah dua minggu gak menulis di blog, saya jadi agak sulit bercerita dengan ‘gaya’ saya. maka hari ini akan saya coba untuk bercerita hal kecil yang terjadi hari ini.

Jadi, dari tiga hari kemaren saya selalu menolak ajakan kawan-kawan saya untuk makan di luar, maen di tempat karoke, atau sekedar nongkrong di ‘tempat selaen perpust’, dengan alasan yang saya buat se ajaib mungkin; mulai dari alasan saya harus ketemu dosen, saya harus ngerjain proposal, saya yang harus nyari kontrakan sama adek saya, saya yang janji sama diri sendiri kalau saya gak mau karoke sebelum sidang kompre, saya lagi flu berat, saya lagi males… dan beberapa alasan ajaib lainnya.

Semua alasan itu benar adanya, tapi alasan utamanya adalah: dompet saya transparant. dompet saya cekak. cekak pake banget. gara-gara saya ngotot jalan-jalan ke luar kota pake duit bulanan yang dijatah sama Mamah, duit bulanan saya jadi lumayan terkuras.

Hari biasa dengan duit bulanan yang tidak dipotong ongkos jalan-jalan saja saya udah ngos-ngosan mengatur duit, dengan gaya jajan saya yang berlebihan *duh* Saya memang boros. dan biaya terbesar saya adalah biaya untuk biaya sosial, alias biaya bersosialisasi dengan kawan-kawan lain.

Biaya seperti ini:

  • Hari senin, seorang kawan berkata: “Hoi… laper nih, udah lama gak makan di PH, ke PH yuuuk…” well, even di sana beli paket yang palih murah, tapi teteup yah bo budget nya melebihi jatah makan saya sehari.
  • Hari selasa, kawan lain berkata: “stress tenan ki aku, karoke yuk!” dan saya pun dengan semangat mengangguk.
  • Hari rabu, kawan yang lain dari dua orang sebelumnya sms; “hoi! hari ini mau ngerjain Tesis dimana? nongkrong yuk. tapi jangan di perpust, ke tempat laen aja”.  okey, Jogja adalah surga buat para tukang nongkrong tidak bermodal kek saya. tapi se murah-murahnya, teteup aja satu gelas kopi gak bisa ngganjal perut kan? hehehehehehe….
  • Hari kamis, ada sms lagi : “hoi.. malem ini aku mau ketemu sama mas **** nih, mau ikutan gak nih? di break yah”  ini kesempatan buat ketemu sama senior yang bisa ngebantu saya diskusi soal proposal saya. jadi gak mungkin dilewatkan!
  • Hari Jum’at, ketemu kawan lama di kampus. kami ngobrol ngalor-ngidul. terus dia bilang; “makan yuuuukk.. sekalian nongkrong gituuuu..”

***

kriikk…kriiikk… Sabtu – Minggu adalah hari bersenang-senang, gak ada salahnya dong kalau saya mengangguk setuju sama kawan yang ngajak maen? Dan semua itu butuh biaya. gak saya lagi gak ngeluh. beneran loh. saya menikmati setiap detik saya bersenang-senang, dan saya menikmati saat saya harus makan di rumah dan mbawa bekal dari rumah.

Makanya pas tadi sore, saya ceritanya lagi nyari rumah kontrakan sama adek saya, terus tiba-tiba ada kawan saya sms. bunyinya begini;

Mbek dmn? Sushi yuk aq traktir. Hehe..

Ow em jiii… Saya langsung memacu motor butut saya, mengarah pulang. Karena katanya kawan saya itu mau njemput saya dalam waktu 15 menit. Sampe adek saya geleng-geleng kepala karena begitu nyampe rumah saya udah mau pergi lagi. Saya mau ditraktir! Horreeee!!! Tidak peduli apa jenis makanannya, selama halal, tancap gass!! Lumayaan, gak makan malam mie lagiii

😀

dan saya pun melupakan fakta bahwa saya tidak doyan sushi. ><

hahahahaha. untunglah di Jogja ini tidak ada tempat makan sushi beneran, adanya tempat makan sushi KW sekian gitu deh. Jadi saya masih bisa menikmati sedikit, udah versi lidah Indonesia [banget]. Dan itupun saya sudah dihina-dina sama kawan-kawan saya; karena awalnya saya mau mesen sushi yang Fried. Ndeso tenan, begitu katanya cobbaaa… Rasa nori kan aneh buat lidah saya. serius deh.

Tapi saya bener-bener menikmati loh [mungkin efek karena saya benar-benar tidak mengeluarkan duit sepeser pun kali yak! Hahahahahhaha…].

Mahasiswa rantau makan tak teratur
Senen makan, Selasa puasa
Rabu ngutang, eh Kamis dibayar
Jum’at lapar lagi…. Sabtu makan lagi…
Minggu ngutang lagi… Senen balik lagi

***

Kawan, semoga postingan ini sudah jauh lebih jelas dibandingan postingan sebelumnya, dan semoga bisa menggiring saya kembali ke gaya saya yang dulu *nyengir ala gambar gravatar*

😀

hehehehhee… oh iyaaa!!! tanggal 28 besok blog saya ulang tahun loh. saya mau mbikin kuis kecil-kecilan gitu deh. maen-maen ke sini lagi yah kamuuu…😉

*postingan kali ini didukung oleh: mahasiswa rantau by PHB, Ranger hitam yang nraktir saya. hehehehehehe

39 Comments

Filed under [drama] sekitar

39 responses to “mahasiswa rantau!

  1. ASyiiiik kuis lagi hihihi ikutan dong

    — ais ariani:
    kuis nya cuman kecil-kecilan kok mbak, beneran deh. hadiahnya sederhannnnaaa bangeeeet.
    beneran lohh..
    *mulai takut dengan ekspektasi*😀 —

  2. Ditunggu ya kontesnya. Boleh ikut, kan?

    Ada fried Sushi, ya? asli baru tahu.

    — ais ariani:
    hehehehehe, keknya Fried sushi itu modif an buat lidah kita ajah mbak
    siapa ajah boleh ikut kok.
    beneran. dan kuisnya kecil-kecilan bangeeettt🙂 —

  3. hihihihi,,,
    postingannya bikin saya nyengir2 di malam yg telah larut mbaa…😀

    Asik yg mau ultah… ditunggu kuisnya….🙂

    — ais ariani:
    hehehehe, Alhamdulillah kalau bisa mbikin senyum🙂
    beneran yah ditunggu.. —

  4. gue kira gue udah hedon, tnyt lo lbh hedon..
    hahahha kapan serah terima sajen dari jakarta??


    — ais ariani:
    aku gak hedon. serius loh, yang hedon itu orang-orang di sekitar ku😀
    hahahahhahahaha…
    sip, sabtu atau gak minggu aye ke situ dah, kalau situ belon pindah😀 —

    • bukannya situ yg punya janji nemenin sini cari lokasi baru yak??


      — ais ariani:
      kirain situ masih ngambek sama siniii,
      kagak ngabar2in kalau mash butuh tenaga ojeg😀 —

      • situ salah memahami..
        coba dibaca baik2 dulu..
        *packing brg*

        — ais ariani:
        nek dalam bahasa banyumas ki:
        sing butuh merek …
        alias yang butuh mendekat noooo….😀 —

  5. Dem, sepertinya adik saya yg baru berjaya lulus UN akan saya larang ke Jogja kalo begini. Gila aja, jadi selama ini image bahwa di Jogja segalanya murah itu salah ya?!

    Mending dia kuliah di Purwokerto aja deh. hihihihi

    — ais ariani:
    serrriuusss… murah. sangking murahnya membuat dompet bak talang air kalau ujan; ngalir melulu duit nya buat keluar, gak berenti2 oom
    weitss.. jangan salah. Purwokerto sekarang sudah lebih gaul dan banyak tempat nongkrong nya oom!
    adeknya ditatar dulu sama aku sini oom😀
    hahahahahah… —

  6. lovetiffa

    Aku ikutan kuisnya yach…klo mudah syaratnya, klo ribet sy jd suporter aja dech

    — ais ariani:
    aaah gampang Tiff, kamu juga pasti bisa ikutan deh,
    serius loh ini… —

  7. Waduw..soal duit cekak, saya juga alami tuh😀
    Bulan ini pengeluaran saya buanyaak bener😀
    Tapi boleh juga tuh alesannya, hihiih…😀

    — ais ariani:
    hehehehehhe, iyah py, alesan mah paling gampang dicari😀 —

  8. ah, waktu kuliah saya juga sering mengalaminya… tiap pertengahan bulan biasanya komat-kamit nyari sesajen….


    — ais ariani:
    hiahahhahaha, komat kamit tenan pho mas?
    hehehehehe, sajen dari kondangan atau temen yang rumahnya di JOgja😀 —

  9. wooo… ada yang bentar lagi ultah yang kebara? 17 atau 18? #padahaludahtua… dan ternyata S2 ya? aq pikir masih S1😀

    baiklah keren sekali,,,

    — ais ariani: yang ulang tahun blog ku loh diek, bukan aku. aku ultahnya masih dua bulan lagi,
    kamu nabung dari sekarang yah buat ngasih aku kado
    *malak*😀
    hehehehehhe —

  10. hahaha emang paling asik kalo ditraktir makan2…😀

    — ais ariani:
    banget mas, dan hari ini aku udah dua kali ditraktir
    (hahahhaha, ALhamdulillah….) 😀 —

  11. is.. ga doyan sushi.. bearti ga bisa aku ajak jalan-jalan lho! *ngancem*

    — ais ariani:
    hlooohhh nek judulnya ditraktir selama halal aku mah doyan mbak😀
    hihihihihihi…. —

  12. Hihihihihi, saya juga doyannya sushi KW, Ais…kalo yang asli, kayaknya milih makanan lain aja deh😛

    Uh, jadi inget anak saya yang nge-kost dan dikasih jatah bulanan, apa dia seperti cerita Ais di posting ini juga ya😦

    — ais ariani:
    mbak irmaaa… Risa pasti lebih pandai mengatur duit dibandingkan aku😀
    hlaah aku doyan biangeet jajan je mbak >< —

  13. kuis? oooww….i’ll be back, hehe..

    kasian banget mahasiswa satu ini, hehe..
    mudah2an besok ada yg nraktir lagi..:mrgreen:

    — ais ariani:
    hihihihihihi.. ada loh dek hari ini ada yang nraktir aku😀
    hihihihihihi… terimakasih buat yang nraktir aku hari ini🙂 —

  14. Saleum,
    saya mau coment apa lagi yak?🙂 sepertinya komentar diatas sudah banyak mewakili isi hati saya mbak….
    Okay lah kalau begitu… mudah2an acara kuis nya saya bisa ikutan🙂
    saleum dmilano

    — ais ariani:
    hihihihi, spechless yah Bang, 😀
    insya Allah bisa Bang, gampang kok kuisnya..🙂 —

  15. kasian, kasian, kasian. mahasiswa yang satu ini orientasinya ke makanan melulu. jangan-jangan cita-citanya jadi kuliner sejati.

    pagi-pagi aku mengintip statistik blogku dan terkejut. malam tadi ada orang yang (tega-teganya) mengobrak-abrik postingan lamaku tanpa komentar sekecap kata saja. tegaaa… untungnya ada jejak foto lucu nan imut di salah satu postinganku tentang pondok di tepi sungai. tak salah lagi, ais-lah orangnya.

    terima kasih yaa.. lain kali kalau baca postinganku sekalian komen dong.

    — ais ariani:
    Aki Dedes, kok bisa-bisanya jadi aku yang dituduh??
    *sambil nyengir*
    aaaahhhhh… kenapa lupa sih kalau Aki Dedes ini suka ngutak-atik statistiknyaaa😀
    malam ini lagi aaaahhhh… hehehehhehe. —

  16. *kasih tangan ngajak tos*
    Bener bangett aq juga borosnya bukan karena belanja belanji kok,,
    Tapi lebih karena biaya sosialisasi,,
    Gak seberapa sich tapi lumayan menguras kantong,,,

    Samaa,, gak suka sushi juga aneh rasanyaa :d

    — ais ariani:
    hihihihi puuuuutttttt *tost
    beruntunglah aku tinggal di Jogja, sangat mendukung buat duit saku ku
    ndak kebayang kalau kuliah di Jakartaa
    aaaaarrrgkhhhhh
    ><
    sssik, besok kalau ketemu gak ada sushi-sushi an yak😀 —

  17. Ah derita mahasiswa perantauan…😦

    — ais ariani:
    tosst dulu laaah Soooop😀 —

  18. Aan Subhan

    biasalah mahasiswa,sedikat dan banyak sama aja biasanya susah ngontrol pengeluaran, belum lagi dilanda prasaan ga enak ama teman…

    — ais ariani:
    Alhamdulillah ada yang mengerti bangeeet rasanya🙂 —

  19. Heuheu…jadi inget zaman baheula Is, kalo lagi cekak (pake banget) begitu, cuma masak nasi, trus lauknya beli kerupuk en kecap sachet-an doang hihihihi…

    Eh…met ultah ya Jeng, coz besok aku khawatir ga bs nge-net, gpp skrg aja ya he he.. Wish yu all da best deh pokonya mah *peluuuuk*

    — ais ariani:
    hihihihi, samma banget teh, berhubung aku itu gak gitu doyan kecap, aku nyambel
    wuiih nyambel bawang uenaknyaaa..
    terimakasih teh,
    besok kuisnya dipanjangin yah buat Teteh🙂 —

  20. makanya cari duit
    biar ga bingung nyediain duit sosialnya😛 *ngece.com*
    is, sushi yuuk? tapi bayarin yaaa hahahaha

    eh jadi udah waras? sayang sekali!
    padahal sayamenikmati ais versi seenthing wkwkwkwk

    — ais ariani:
    hiahahahahahha, versi senthing lebih cihuy dan tidak mudah dipahami yah Mbak?😀
    aku nek udah lulus ngelamar di warnet mbak Nik ajah deee…😛 —

  21. itulah mahasiswi.. problem umum. hhhee


    — ais ariani:
    yup, bener dan itulah yang menyatukan kami😀 —

  22. iam

    Wehehe bener2 harus perhatikan kantong bagi mahasiswa yang merantau >.<

    — ais ariani:
    gak harus diperhatikan, diberi pengertian ajah
    hahahahhahaha… —

  23. waaaaaw kuuiiiiss.. Hadiahnya mobil sederhana: kijang inovaaa…

    — ais ariani:
    Tan.. please deeeh… judulnya ajah ‘mahasiswa rantau’
    Alphard doung😀
    hihihihi… —

  24. haha jangankan mahasiswa mba, saya yg udah kerja aja kadang pengeluaran gak bisa direm, dan akhirnya kasbon😀


    — ais ariani:
    huaaaa.. mbak melly membuat ku takuut😦 —

  25. kira2 bikin kenyang perut gak tuh makanan…?

    — ais ariani:
    Alhamdulillah kenyang🙂 —

  26. Agung Rangga

    gyahaha…
    Pengen nyobain sushi ‘KW’ nih…😛
    ayo kak, apaan kuisnya…😀


    — ais ariani:
    hihihihi, kapan-kapan kalau ke Jogja, mampir ajah, nanti aku kasih tahu tempatnya😀
    bentar yah, mungkin besok aku launching, malam ini aku mau ikutan kontes
    hehehehheehe —

  27. Mau kecil mau gede, nek Riani yang mbikin kuis aku arep meluuuu😀

    Aku yo belon sampe hati makan sushi, lebih ndeso diriku, Riani😦


    — ais ariani:
    horrreeeehh.. bener loh yah ikutaaan. 😀 —

  28. Aiiiiiis…
    eyke juga gak suka sushi yang mentah mentah gitu…hihihi…
    sukanya sushi palsu aja….yang hampir mirip nugget gitu…hihihi…

    masalah nombok mah…tos dulu dong…hihihi…

    kutunggu kuismu Aiiiiis🙂

    — ais ariani:
    huahahahhaha… kata temenku yang nraktir itu sushi pake daging sintesis.
    hahahahhahahaa….
    kuisnya hanya sekejap mata Mbak.
    tapi seru-seru menggelitik gitu deeh
    hihihihi… —

  29. asiiikkk…ada kuissss
    *jingkrak jingkrak
    jadi lupa tadinya mau komen apa hehehee

    — ais ariani:
    hiahahhaahhaah, mbak Idana, hati-hati nanti hak sepatunya patah kalau jingkrak-jingkrak gitu😀 —

  30. gak sengaja mampir blog ini…
    hihihi..ternyata mau ada kuis..ikutan ahh…

    mahasiswa rantau itu banyak suka dan dukanya kok…tapi menyenangkan…nasib hidup diperantauan

    — ais ariani:
    banyak mbak suka dukanya. tapi lebih mikirin dan lebih banyak sukanya😀
    hehehhehehe… —

  31. sebuah comeback yang indah, Mbak Ais..

    — ais ariani:
    terimakasih mas Gie🙂 —

  32. anak kuliahan jaman sekarang ya.. sibuknya minta ampun.

    baru dengar istilah dompet transparan haha.. kebanyakan karaoke sih😀

    — ais ariani:
    weekss.. mas e nyindir ki.
    sibuk dolan mas
    *kalem* —

  33. bener benget is, pengeluaran paling besar itu untuk bersosialita >.<

    asik neh ada kuis,, harus ikutan!😀

    — ais ariani:
    sounding dulu niee..
    biar kagak seret peserta😀
    maklum bikinnya pas weekend, yang kebanyakan orang pada maen di dunia nyata mereka
    >< —

  34. Selamat ulang taooooon……………

    — ais ariani:
    terimakasih mas aim😉 —

  35. hahaha… jadi ingat, aku juga suka jajan…
    Meskipun aku bukan mahasiswa, tapi dompetku juga sering transparan. Ujung-ujungnya ya mencet tombol2 ajaib di bilik itu, hehe…

    — ais ariani:
    kakaakin, dimana tombol ajaib di bilik itu?
    *ngutak-atik bilik ATM ku*
    kok ndak adooo… —

  36. Aziz Anak Jawa Tulen

    ikut numpang mbang lewat buat baca baca tuk malem ini karena ndak bisa tidur (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s