jogjakarta ; 4 tahun lalu…

jogja, 26 mei 2006…

tanggal yang mungkin akan sulit dilupakan bagi saya, dan puluhan ribu warga jogja pada waktu itu.

gempa Jogja, yang merenggut nyawa sekitar 5.000-an (maaf kalau salah, saya gak punya data statistik pasti soal itu). akan ada banyak cerita di balik kejadian itu. mungkin seperti :

– beberapa orang yang sedang berada di kamar mandi dan keluar hanya dengan pakaian se ada nya (itu pun kalo sempat berpakai an)
– jam di rumah teman saya yang tergeletak di tanah, dan menunjukkan waktu saat kejadian tersebut terjadi
– malam setelah kejadian, dimana tiap supermarket kehabisan bukan hanya stock barang, tetapi juga karyawan
– juga malam setelah kejadian, jogja menjadi kota mati, listrik banyak tidak menyala di beberapa titik
– spanduk di daerah bantul yang terbentang ; “derita kami bukan tontonan”
– Kuliah Kerja Nyata yang mengambil jatah 8 sks di dalam kurikulum kampus kami berganti menjadi Kuli Kuli Nyata, hasil plesetan kawan – kawan seangkatan yang dapat jatah KKN penanganan gempa yang tersebar di JOgja dan sekitarnya

banyak hikmah yang bisa saya ambil. namun setelah empat tahun kejadian tersebut berlalu, yang tidak bisa saya lupakan bukan hanya sekedar rasa panik dan ketakutan serta kebingunan, namun juga rasa syukur, bahwa kami pernah di sadarkan, pernah di tegor; hidup ini tidak selama nya.

hikmahnya ?

hmph.. ada banyak buat saya!

yang meyakinkan saya bahwa Tuhan, sayang sama hamba Nya dan peristiwa itu meyakinkan saya bahwa seburuk – buruk apa pun peristiwa, akan ada hikmah di balik Nya.

Tuhan tidak membiarkan suatu peristiwa terjadi tanpa sebab.
untuk itu, saya tidak pernah percaya dengan apa yang namanya ‘kebetulan’.

😉

10 Comments

Filed under [drama] lepas

10 responses to “jogjakarta ; 4 tahun lalu…

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya yang ikutan dagdigdug waktu itu. Soalnya ada 3 teman karib saya yang mengais rejeki di sana. tak hubungi hapenya gak aktif. Apalagi ketika salah satu ortu teman saya itu nangis2 ke tempat saya.

    • ais

      Hp gak aktif memang hal cukup mengkhawatirkan saat itu pak guru. Untunglah, kedua orang tua saya masih bisa mendengar kabar saya waktu itu

  2. ikut berduka cita atas peristiwa jogja. waktu tgl 18 mei kemaren bandung juga kena gempa dikit. moga2 hati nurani selalu ada di hati kita bersama. Salam kenal yaa..🙂

  3. HHmmmm …
    Ini postingan yang Dalam Is …
    Yang jelas …
    Apapun itu … semoga saja kita semua selalu diberi kekuatan – ketabahan dan kebijaksanaan …

    Bersyukur dengan segala Rahmat yang telah di Anugrahkan NYA untuk kita …

    Salam saya Is …

  4. saia ..di solo jga terasa. .
    lagi tidur enak2 .. eh. .kasurnya goyang. . alhamdulillah..jadi tambah enak ..:ngakak

    Tapi setelah dengar papi berteriak ” GEMPA ” jadi bangun . .. berlarian . .
    parahnya setelah gempa selesai .. baru sampe pintu luar rummah😀 ( lelet mode : on )

  5. waktu besoknya stlah gempa, bbrp karyawan di kantor minta ijin nengok keluarganya di jogja sana. stlh mendpat kabar dr jogja, kami pun segera mengirim bantuan.
    **sebuah bentuk solidaritas yg sangat indah

Leave a Reply

