balada sariawan

sariawan ku nambah lagi jadi empat sekarang. aku heran. minggu2 kmaren pas lagi puLang ke jakarta, muka ku ini jerawatan parah. jerawat yang se gede2 eek nya cicak itu loh. kata orang, sariawan itu gara2 stress. begitu juga dengan jerawat.

pilih yang manna sih kalau lagi stress? jerawat yang terlihat namun tidak menyakitkan (bwt sebagian orang mungkin sakit, tapi bwt aku gak tuh..), atau sariawan yang tidak terlihat namun sangat menyakitkan? dua2 nya bikin bt, dua2nya mampu membuat orang jadi patah semangat, dua2 nya membwt lemes dgn  cara yang berbeda. ya gak sih?

yang pasti, dua2nya membuat aku tambah deg2an menghitung hari bwt bertemu dgn dy, dan duanya berharap aku hilangkan dengan cepat.  sariawan sial….

apa sih sebab sariawwan itu? hasil dari gugling sama mbah google,  nih ada beberapa hasilnya

Sariawan dapat disebabkan oleh kondisi mulut itu sendiri, seperti kebersihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut karena makanan atau minuman yang terlalu panas, dan kondisi tubuh, seperti adanya alergi atau infeksi.Banyak penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis (seperti emosi dan stres) juga merupakan faktor penyebab terjadinya sariawan. Kondisi lainnya yang diduga memicu sariawan yaitu kekurangan vitamin B, vitamin C, serta zat besi; luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur; luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang; alergi terhadap suatu makanan (seperti cabai dan nanas); gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi); menurunnya kekebalan tubuh (setelah sakit atau stres yang berkepanjangan); dan adanya infeksi oleh mikroorganisme.http://www.dechacare.com/Mengatasi-Sariawan-I284.html

trus..trus.. sembuhnya gmanah?

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.
Sederhana saja kok. Misalnya dengan sikat gigi minimal dua kali sehari. Pagi setelah makan dan menjelang tidur malam. Kalau gusi kita termasuk yang sensitif sebaiknya memilih sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut.

Memperbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah
Dengan makan banyak serat dan buah, tubuh kita akan mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Demikian juga dengan makan buah. Buah banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh termasuk vitamin C.

Hindari makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas
Makanan yang terlalu panas, terlalu dingin dan terlalu pedas, dapat menyebabkan gusi atau bibir kita luka dan menyebabkan panas dalam. Sebaiknya hindari yang demikian itu.

Minum vitamin tambahan seperti vitamin C dan B 12, asal tidak berlebihan.
Bagaimanapun juga, yang namanya berlebihan itu tak baik bagi tubuh. Jadi konsumsilah yang sewajarnya dan secukupnya.

Hindari stres.
Stres adalah salah satu pemicu terbesar datangnya berbagai penyakit. Tak hanya penyakit sariawan saja. Jadi, sebisa mungkin stres dihindari.

Kenali penyebab.
Kalau kita termasuk orang yang sering menderita sariawan, cobalah mengenali kira-kira apa penyebabnya. Nah, dari situ baru kita bisa melakukan pencegahan dengan efektif.
(http://www.resep.web.id/kesehatan/kiat-cegah-sariawan.htm)

sudahlah…saya mau off dulu. mau cari abothyl bwt di oles2 ke si kecil mengigit inih…

10 Comments

Filed under [drama] lepas

10 responses to “balada sariawan

    • marsita ariani

      sempurna. sariawan hiLang, bau rokok menyerang…nanti mas esa protes doung , “kaya ciuman sama cwo..” ahahahahaha….

  1. gigibesar

    aku sering sariawan!!!
    kegigit gigi sendiri, kesodok sikat gigi, makan pisang rebus, apalah..kadang2 sariawannya bener2 cari alasan..hoho..senasib kita is

  2. sepatubalet

    iya iya mbakk..
    aku juga barusan sariawan
    dulu saking seringnya makan jeruk, aku baru pertama kali sariawan kelas 2 SMP, hahaha…

    oia, aku jg lagi jerawatan parah, iiih merah2 dimana,,

    • marsita ariani

      pilih jerawatan apa sariawan? hayoo.. hayoo…
      aku sih pilih jerawatan. keliatan, gak gitu sakit. gak bikin ga napsu ngapa2in…
      ya gak siih?
      hehehehe..

  3. ditter

    dulu aku juga sering sariawan, di tempat yang sama… trus sering kegigit juga.. sembuh bentar, trus sariawan lagi.. trus kegigit lagi.. begitu terus sampe akhirnya muncul sariawan keras semacam kutil gitu. Trus akhirnya harus di operasi.. huhu,,,, ati2 lho mbak, jgn2 ntar kyk aku gitu, haha…

  4. guskar

    sariawan bikin pusing, makan jd nggak enak. klo sariawan saya suka obati dng minum larutan penyegar… kadang bandel juga, ga sembuh2..

    • marsita ariani

      ada cara efektif : abothyl atau sejenisnya, ditotol. abis tuh, gosok gigi, abis tuh kumur2 pake listerine.
      dijamin…
      lutut lemes, kepala pusing, karena rasa sakit yang membunuh kuman2 di sariawan efeknya sangat dahsyat.
      tapi.. efektif kok. sariawan saya mengering.. siap ceramah lagi sama pacar
      ;p
      huehehehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s