keajaiban yang berlalu

seorang teman pernah bertanya sama aku, “abis ini kamu mau ngapain?” saat aku berusaha keluar dari filsafat (aku ngelewatin waktu buat kuliah 5 tahun lebih!! hebat kan?). aku terdiam. bingung. itu awalnya. kemudian di tengah perjaLan berjuang bwt keLuar dari kampus, aku ketemu sama dy, si anak ajaib itu. actually, dy tidak se ajaib itu memang. tapi, ntah kenapa dy mampu bwt ngedorong aku terjebur ke dalam arus semangatnya. aku.. yg tadinya ogah2 an bwt nulis skripsi jadi menggebu-gebu bwt nyelesein bab demi bab hanya untuk memenuhi syarat supaya aku bisa ketemu sama dy di akhir pekan (yeah.. i know, aku makhluk dangkal yg sangat amat mudah dimotivasi, istilah seorang teman adalah ; ‘gampangan’), aku yang tadinya ter amat malas menyelesaikan studiku jadi ikut2an semangaT bwt daftar sidang. aku yang jarang tidur malam jadi ikut2an tidur malam karna sempat punya ritual 24 to 4 sama dy. dy lah keajaiban nyata itu.

Dan, itu aku sadari pas aku keluar dari ruang sidang skripsi dan dy lah orang pertama yang aku lihat. dy muncuL dengan senyumnya, ngegenggam tangan aku yang merutuki ke bodoh an dan ke keras kepala-anku menghadapi dosen. sementara itu, dosen sibuk berdiskusi di dalam; menentukkan nasib manusia yang baru mempertaruhkan masa Lima tahun lebih studinya di dalam sidang ujian skripsi selama satu setengah jam itu. saat aku dipanggil ke dalam ruang sidang lagi, kekuatan itu masih ada, ada dalam genggaman tangan yang masih kerasa di tangan ini.

saat akhirnya kata lulus yang aku terima dan aku keluar dari ruangan itu, dy masih disitu dan … ntah yah, aku menyebutnya keajaiban sidang skripsi. after that.. dunia trsenyum lebih cerah bwt aku. bapak-mama tak berhenti mengoceh ditelpon selama 15menit, sementara itu dy-ku duduk dihadapanku sambil sesekali melempar senyum.

kamu tau gak teman rasanya seperti apa? aku pun masih ingat tiap detail perasaan itu. perasaan yang gak bisa aku ungkapin pake kata2. sesuatu yang ajaib. dan di situlah titik balik yang  gak mungkin aku lupa.

yup, hari itu, 30 januari 2009… hari dimana aku bertekad bwt jadi ais yang baru. ais yang lebih bersemangat dalam mengejar apa yg aku mau.

but, apa yang terjadi 5 bulan kmudian? belum ada perubahan yang signifikan dalam kehidupan  aku. aku patah hati. aku kembali tidak bersemangat. patah hati karna tidak tau apa yang mau aku kerjakan. keajaibanku hilang. keajaiban after sidang skripsiku hilang.

aku takut. kalut. panik

dy-ku semakin hebat mengejar mimpi2nya. aku iri. aku ingin menjadi bagian dari sesuatu. tapi, aku sendiri pun tidak tau apa yang mau aku kerjakan. apa yang aku mau.

Lalu aku kembali berjaLan, mencoba mencari keajaiban yang masih tersisa. datang dari seorang teman, saat memulai sebuah percakapan. seperti berdialog dengan diri sendiri; jawaban itu hadir. mungkin temanku itu adalah si aristoteles atau plato atau siapa itu lah yang mempunya metode dialog dalam berfilsafat (kalau gak salah ibunya bidan, yang membantu persalinan. metode itu lahir dari sang ibu, dgn berdialog, akan muncul dan lahir pemikiran2 yg -sudah ada lama dalam diri, namun baru keluar setelah dialog itu).

anyway, setelah ngobrol sama kesep, aku pun sadar bahwa selama aku tidak tau apa yang aku MAU, kenapa tidak aku mengerjakan apa yang aku SUKAI? aku mencintai menulis. aku mencintai bagaimana aku menuangkan apa yang ada dalam pikiranku ke dalam bentuk tulisan (entah itu untuk memaki, untuk memuja, untuk mencari tau… atau sekedar dialog dgn diri sendiri…). selama ini yang menahan aku buat mempublikasikan tulisanku adalah : ketakutan aku akan penilain orang. tapi tiba2 itu menjadi gak penting lagi. orang lain menilai itu dangkal, so what? mereka gak bisa memberikan kamu kebahagiaan, and then?

toh selama kita bis amemberikan kebahagiaan pada diri kita sendiri, no problemo kan?

keajaiban itu mungkin sudah berlalu dengan kembalinya toga ke tangan universitas. but, target2 baru pun segera menyusul, dan masih banyak keajaiban di depan sana menanti kan?

all i wanna do just for my self  now. maybe u can join me, maybe?

9 Comments

Filed under [drama] cinta melulu, [drama] sekitar

9 responses to “keajaiban yang berlalu

  1. berasa aku ada di situ waktu km hbs sidang skripsi,,
    mgk 5 tahun lg aku bakal pegang buku di Gramedia yg ditulis sama kamu,,
    mgk skrg blm,,
    tp aku yakin,, mba ais bakal sampai di satu titik kesuksesan
    dan pengen bagi itu sama semua orang,,
    setuju banget ma kalimat di postingan sebelumnya : buat mulai semuanya dari awal lagi, dibutuhkan lebih dari niat!
    miracles do happens, buka mata, buka hati, buka pikiran,, dia ada di sana nunggu buat kita temuin..
    ^^ keep your good work sist!

    • marsita ariani

      terimakasih gheR… aku kaLo Lagi ngobRoL sama kMu tuh kebawa aura positif teruus. Mangkanya, jaDi kaNgeen ngobRoL sama kaMu Lagi…
      buka mata, buka hati buka piKiran..
      suka Lupa kaLo ternyaTA kiTa beda uMur setaHUn yah?

  2. gaby

    hai mba Aisss.. gaby neh hheee..
    wiuh Nice posting.. bacanya ikutan terharu n seneng..
    sukses buat ke depannya ya mba..

    jangan lupa visit my blog http://sepatubalet.wordpress.com

    • marsita ariani

      …bukan cuman ku kunjungi, kumasuk kan ke Link yah? penghargaan bwt Kunjungan perDana nya..
      thank you Gaby.. ^_^

  3. ditter

    Halo mbak ais, hehe…

    wah, aku juga sering ngerasa iri gitu mbak, kalo ngeliat temen2 lain yang lagi ngejar mimpi2nya, sedangkan aku ga tau apa yg mo aku lakuin, huhu…

    • marsita ariani

      huehehehehe…kita senasib dong diTh, apa gaRA2 kiTA kuLIah di FilsafaT yak?
      *pLaak..*
      ga boLeh gituu… hi3,
      mangkanya, kita jangan Letih mencari. Lebih baik kita tau bahwa kita tidak tau daripada kita tidak tau bahwa kita tidak tau, ya gak?
      *ehm.. bener gak yah?*

  4. Waaahh.. aku juga sering kyk gitu tuh ma mbak, ngerasa iri kalo ngeliat temen2 laen yg lagi ngejar mimpi2nya, sedangkan aku disini masih ga tau mo ngelakuin apa, huhu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s