completely broken heart

berusaha untuk tidak terjebak euforia final sepakbola-nya SEA Games. bukan karena apa-apa, karena saya deg-deg an banget nonton final ini. Saya mencoba mengalihkan perhatian dari rasa deg-degan karena nonton final.karena ada yang lebih final di hati saya sekarang: final sudah keputusan saya untuk patah hati

*opo toh yo… kok pembukanya wagu tenan, mekso tenan. tapi baiklah.. mari kita buka dengan berita bahagia yang datang dari Mr. Charming.

mash inget gak sih sama Mr. Charming yang pernah saya ceritakan bulan mei kemaren? yang ditaksir sama saya dan dua orang kawan saya yang laen?

kabar gembira dari dia adalah: dia telah melangsungkan pernikahan dengan wanita pujaannya. Siapa wanita pujaannya? Apakah salah satu dari kami? Ya gaklah, kalau salah satu dari kami maka judul dari tulisan ini pasti gak kek gini.

dan apakah niat saya dan kawan-kawan saya untuk menyampaikan perasaan ke Mr. Charming kesampaian? tentu tidak. karena, karena… kabar berita Mr. Charming mau menikah ini datang mendadak. dan karena satu dan laen hal, kami memang ada di posisi jarang bertemu dengan Mr. Charming. Kami sudah tidak memiliki jam-jam di kelas yang sama, kami tidak memiliki alasan ‘tugas kelompok’ bareng lagi untuk waktu-waktu di tempat nongkrong favorit, ibarat kata OVJ, kami udah gak punya benang merah.

kontak terakhir yang saya lakukan dengan Mr. Charming adalah sms-sms saling ledek mengenai ajakan karoke, dan jadwal ujian kompre. tapi selain itu gak ada lagi yang laen. sampai kamis kemaren salah satu kawan memberi kabar soal undangan dari Mr. Charming. dan teman saya mau berangkat bareng ke acara, dengan satu syarat: saya gak boleh nangis.

idiiih. seribu kali idih kalau saya nangis gara-gara Mr. Charming nikah. mantan saya dua orang nikah aja saya kagak nangis. dan waktu tahu Oom Tio Pakusadewo nikah juga saya gak nangis. Hiks. padahal.. hiks.. padahal… saya ngefans banget sama dia. Tapi inget juga sih kata salah seorang kawan: kalau dia gak nikah juga belon tentu dia sama kamu.

iya juga sih.

sama kek pas Darius nikah, Choky Sitohang nikah, pasti saya dapet kata-kata itu: kalau dia gak nikah, belon tentu dia sama kamu.

dan, yang kemudian bikin saya patah hati juga adalah saat salah seorang kawan saya menelpon saya dan curhat soal berita yang dia dapet:  mantannya melangsungkan pernikahan.

saya spechless. saya tahu benar bagaimana si kawan ini menata hati setelah memutuskan berpisah dengan si mantan. dan saya benar-benar tidak tahu menghibur bagaimana. walau sudah dua kali mengalaminya, tetapi saya paham benar: apa yang saya rasakan berbeda dengan si kawan.

karena begini yang juga saya pahami: setiap masalah ada mudah dan pasti ada jalan keluar dan pasti selalu ada bright side-nya, asalkan bukan kita sendiri yang mengalaminya. Because is always easier to said than done.

owkey, selaen musim hujan, sekarang merupakan musim nikah dan dapat dipastikan juga merupakan musim patah hati. Hahahhahahaha… bukan cuman mantan istrinya si ustadz itu aja loh yang patah hati, bisa juga banyak wanita-wanita di luar sanayang patah hati karena ditinggal menikah oleh mantan pacar, mantan suami/istri, mantan gebetan, mantan TTM-an, mantan Ibu Kost, mantan pembantu atau bahkan mantan majikan.

Saya bukan yang ahli dalam soal menata patah hati, tapi saya akan mencoba berbagi tips dan trik mengurangi patah hati ditinggal menikah:

  1. Yakinkan diri bahwa: bukan kamu yang membuat dia bahagia. Camkan itu baik-baik. tanamkan itu di pikiran, karena bisa jadi kamu dan dia tidak menjadi diri kalian masing-masing saat kalian bersama-sama
  2. Tidak ada yang kalah, ini bukan pertandingan, bukan berarti dengan dia menikah duluan dia yang menang. Lagian memangnya apa yang diperlombakan?
  3. Besarkan hati…. kamu gak diundang? itu karena mantan kamu takut kalau hatinya berpaling saat melihat kamu. Salah nyebut nama pas ijab kabul kan gak lucu. Kapan-kapan saya ceritain deh gemana cara saya tahu dua orang mantan saya menikah. Itu lucu banget (sekarang bisa dibilang lucu, dulu sih enggak. hahahaha..)
  4. persis kata si kawan saya : waktu gak pernah bohong. waktu juga yang akan menghapuskan semua luka yang ditinggalkannya. kalau sekarang kamu ngerasa berdarah-darah, itu adalah fase: nikmati saja fase berdarah-darah itu.
  5. Masing – masing orang memiliki cara copingnya sendiri: si mantan istri Ustadz punya coping yang mungkin sedikit show off: dia berbicara di depan media soal ‘perasaan’-nya setelah si Ustadz menikah. Pilih coping-mu sendiri, pilih caramu menyesuaikan diri dengan berita itu. Tapi catetan saya nih: pilih cara yang behave, pilih cara yang sopan dan gak keliatan ‘murahan’ dan bodoh.
  6. Berceritalah dengan kawan-kawanmu. karena kamu membutuhkan mereka untuk berbagi kesinisan, memaki-maki, mencela (hahahaha. orang patah hati sah-sah aja melakukan itu dalam kurung waktu tertentu yah, gak selamanya….). dan sekali lagi: pilih cara yang gak ‘asal’ ya.
  7. dengarkan lagu yang tepat. Saran saya: Heart of life by John Mayer.
  8. Jadikan itu semua motivasi. Seperti yang juga saya bilang ke kawan saya semalem: buat dia merasa rugi meninggalkan kamu. Tunjukan bahwa kamu memiliki nilai lebih dibandingkan kamu yang ditinggalkan dia dulu. Ini hanya permainan hati, so just keep it in your heart
  9. Jangan menempatkan diri menjadi pihak yang ter-dzolimi. Gak ada satu orang pun di dunia ini yang berhak menghina diri kamu.
  10. Beri mereka doa restu, yang tulus.
  11. Jauhkan benda tajam, tempat tinggi dan obat serangga
  12. Gak usah dateng kalau  diundang kalau kamu gak yakin bisa menahan diri (huahahahahahaha..)
  13. dan gak usah maksa juga buat dateng kalau nikahannya di Timbuktu. kesannya niat amet.
  14. diundang? Dateng aja, tapi urungkan niat untuk memberi kado berupa benda kenangan berdua dengan si mantan. Mungkin itu terlihat so sweet di film dan sinteron, tapi itu annoying di dunia nyata

ahahahaha.. cukup sekian tips menerima kabar kalau si mantan menikah. nanti kapan-kapan saya lanjutkan lagi ya.

:mrgreen:

***

hey you: don’t take this too serious. huahahahhahahaha…

19 thoughts on “completely broken heart

  1. ehmm…. tips ini mungkin akan berguna setahun lagi.. :| *mudah2ansihgaharusbacainisetahunkemudian :|


    — ais ariani:
    galau detected!
    hiahahahha… keknya terjawab sudah kemaren galau kenapa :P

  2. mantan 1 merit.. eike diundang n dateng bawa calon juga, sekarang malah lebih sohiban ama bininya

    mantan 2 merit, kaga diundang pdhal rumah penganten tetanggaan, tapi lagi hamil gede.. dendam ah *rese tuh orang, ngapa sih pake sok ga ngundang segala? berita buruknya sih..gw ga dianggap temen*


    — ais ariani:
    huaahahhaha.. aku malah gak pernah diundang sama mantan mbak pas mereka nikah!
    masih ada tiga sih yang belon nikah. hahahahahaha…
    nanti bisa jadi postingan sendiri nih. hihihihi. —

  3. copas dr status fb temen :

    Kita suka mengenang masa lalu. sampai kapan? Past is a good place to visit but is not a place to stay. Mngkn saat itu keputusan itu yg diinginkan, mngkin jg tugas org itu sdh selesai di kehidupan kita. You either run from your past or learn from it.

    kata temen: Balikan sm mantan itu ibarat mandi ngelap badan pake anduk, terus pake celana dalam bekas. Ayolah stop beating yourself up about things from your past (huahahaaaa… nonjok banget quotenya)

    – ais ariani:
    suka banget sama kata-kata:

    Past is a good place to visit but is not a place to stay.
    so ok ok aja buat visit. hanya mengunjungi tapi memang kita gak baek hidup di dalamnya
    dan perumpamaan celana bekas itu bikin piye gitu. hahahhaha… —

  4. Waaahhh blm mengalami deh dil.. dan jgn smp ngalamin deh.. karena aku sm mantan2 semuanya lost kontak.. jgn aja dtg2 antar undangan.. hahaha..

    Eh tp bnr juga yak.. musim kawin. berarti musim patah hati juga :p


    — ais ariani:
    huahahahha.. biasanya kalau yang udah lost contac gitu gak bakal ada undangan Nie.
    hihihihi…
    *ngadem-ngademke* —

  5. Tahun depan tahun duda, jadi banyak yg nikah tahun ini dan banyak yang patah hati tentunya. Cepat sembuh, ya… buku mr charming sudah harus ditutup. Cari prince Charming saja.


    — ais ariani:
    cari calon Bapak nya anak-anak aja deh Mbak Sus langsung
    hehehehhe… —

  6. Ehem…membaca point 11 jadi pgn ngakak.

    jadi waktu zaman patah hati dulu *tsaaah*, nge-sms seorang sahabat zaman kuliah baheula kalo baru diputusun, dan jawaban sms darinya adalah : mo dikirimin ba*gon apa tali tambang Rin?” hahahahaha

    – ais ariani:
    eh Teteh ngalamin juga toh. hihihihihihi. kirain gak pernah.
    terus dikirimin bayg*n apa tambang?
    huehehehhehe… —

  7. Beri mereka doa restu, yang tulus.
    Are you sure??????? hahaha

    Butuh waktu tapi ya mba… :D

    Aku rangkum deh mba, kali aja ntar butuh,, hahha

    – ais ariani:
    hahahaha… bener loh Mas Brur, kalau tulus itu rasanya lapang gitu.
    cobain deh
    awalnya susah, tapi kalau udah bisa pasti jadi lebih lega deh kalau dateng ke acaranya
    hehehe… —

  8. Uh..ah..uh..ah, dalem banget mbak postingannya :D
    Yang tabah ya mbak, masih ada pria2 tampan dan tajir diluar sana #eh :mrgreen:
    Semoga aja saya gak merasakan hal yang sama, amin.

    — ais ariani:
    pastinya, masih ada sepupunya Ibas
    #eh :D

  9. hmmm..semacam obat patah hati sekaligus resep masuk Surga :) *sambil dengerin Rapuhna Agnes Monica


    — ais ariani:
    sambil mengingat wajah tampan nya Bang Indra Sinaga :D
    aiiih… —

  10. Aiiiiisssss ;)
    huaaaa.. udah lama banget ga berkunjung kesini, sekalinya berkunjung eeeehhh.. dapet tips yang daleeem banget soal broken-hearted healing, buahhahahaha :D galau deh ih..

    oiya, blogku baru aja bangkin dari mati suri selama 5 bulan, jangan ragu buat mampir yaaah #eh :mrgreen:

    – ais ariani:
    allow Gy..iya ih kmu apa kabar?
    iya udah mampir tadi, tapi belon ninggalin jejak. mau refresh baca2 lagi tulisan kamu..
    eh ini rencana-nya tadinya mau mbikin postingan segalau mungkin tapi yg ada galaunya nanggung gini
    heheheh… —

  11. jauhkan juga tali. jangan lupa, jauhi tembok, sapa tau ntar kepikiran jedotin pala ke tembok :p

    saya pernha ngalamin hal ini dan sampe sekarang masih sakit hati, yah, meskipun saya tetep menjalani hidup dengan baik, nyaman, tenang, dan bahagia. tapi tiap ketemu dia tetep rasanya eneg. kok jadi curhat???

    – ais ariani:
    hehehhehehe.. mungkiin… ini mungkin looh..
    waktunya belum bicara :D

  12. hm…
    saya pernah dateng tuh ke nikahan mantan.. tapi bukan mantan pacar.. tapi mantan TTM-an… *halah*

    dan alhamdulillah gak masalah tuh..

    – ais ariani:
    itu mungkin karena TTM mbak, kalau pacar coba deh
    #eh loh?!?! :D
    huehehehhe.. datengnya sama mas nya gak Mbak? —

  13. Huaaahaaahhaaa…saya mesti berguru sama Ais nih dalam menyikapi patah hati…
    Keren banget solusinya Ais, apalagi kita juga pernah suka pada orang yang sama…itu tuh, Tio Pakusadewo… :D

    – ais ariani:
    huahahahahah.. aku beneran ngakak ternyata kita satu selera Bu Ir :D

  14. well, setidaknya ais tidak sendiri, entah kalau dibikin statistik, sepertinya banyaklah yang mengalami ditinggal kawin oleh mantannya
    tapi ais ditinggal kawin bukan samamantan kan? mr. charming blom jadi mantan kan? :P wessss ….. kayak aku dong. mr.charming yang diarep2 nikah, tak bales nikah juga deh … hahaha … itu baru pembalasan yang setimpal Is, gimana? berani terima tantangan ini? Hahahaha

    — ais ariani:
    uahahahahha… kalau Mr. CHarming emang belon jadi mantan. eh gak bakal jadi mantan juga. baru sampai tahap mantan gebetan aja Mbak, jadi gak ada masalah sebenernya, cuman kadar lebay pas menerima kabar meningkat drastis. uahahahhaa…—

Leave a Reply

