….what a day!!

saya gak tahu harus memulai cerita ini darimana saya bingung. kronologis nya begini : pagi ini, jam 05.00am, telpon saya berbunyi. saya liat di LCD … lalu saya angkat. suara itu rajin menyapa saya. suara siapa? ntar dulu, saya cerita dulu yah. nanti juga pada tahu siapa tokoh utamanya.

pertama dia nanya : “kapan pulang?” saya jawab gak tahu. “itu handphone kakak gimana? mau dibalikin atau gimana?kalau mamah yg bayar yah mamah pegang aja sini” saya jawab gak tau. Otak saya dalam keadaan normal saja kadang sulit diajak berkonsentrasi, gimana itu dalam keadaan bangun tidur, setelah semalem begadang, jadi saya asal jawab gak tahu. Karena, di posisi itu saya bener2 gak tahu jawaban dari pertanyaan2 tersebut.
Tapi si penelpon tidak beranggapan sama.. nada langsung naek 5 oktaf dan dhuweeeeeeeeeeeer!!!

perang dunia? enggak, cuman si penelpon langsung ngoceh. 30 menit. yup, bermonolog selama itu. saya bingung. karena obrolannya entah kemana2. semua dikritik. dari hape saya, pulsa saya, kontrakan rumah saya, temen2 saya, kebiasan pergi saya, semua deh. saya ampe bingung.
tambah bingung, karena selama monolog 30 menit itu, terdapat beberapa dualisme, antara lain :
– ” mamah gak marah.. bener mamah gak marah” –> diomongkan dengan nada tinggi. saya percaya…
– “mamah mau kita bicara, kita ngobrol. kamu kasih tau mamah apa mau kamu…” –> she just don’t give me chance to speak. krn memang dia bermonolog 30 menit.
– “sekarang apa mau kamu? kasih tau mamah apa yang kamu inginkan. kamu mau nikah? ya sudah nikah saja sekarang juga kalau bener itu mau kamu, sebelum semuanya belum terlanjur” –> dan beberapa saat setelahnya, dia ngomong ” mamah sama bapak minta, 2tahun ini kamu fokus aja ke kuliah kamu”
– ” kamu mamah ajak ngomong, gak bisa lepas dari hp, kamu pegang ajah itu hape tiga biji, mamah seperak pun gak pernah dapet sms dari kamu. diajak ngobrol sms – an teruusss” –> saya bukan anak autis kok, dia lupa sama saat2 kita ngobrol kemaren.

saya bingung. sebenernya ini marah gara2 apa? gara2 saya gak tau kapan mau daftar ulang kuliah saya itu? gara2 saya ‘ngambil’ hape kakak saya (yg mana kakak saya sebenernya menghibahkan itu bwt saya, jadi itu sama sekali gak perlu dibayar)? atau gara2 saya sering ngutak-atik hp? atau gara2 malam itu saya pergi sama temen2 saya (FYI, saya gak ketemu temen saya ini nyaris 6tahun, dan mamah mau pergi, tapi sumpah, sebelum saya mau pergi pun mamah ber rencana pergi sama ade saya. masa saya juga yang disalahin kalau ternyata ade saya keasyikan nge game sama sepupu2 saya?)?

saya gak mau jadi anak durhaka. saya pikir,saya cukup berusaha ngikutin mau dia. Percaya gak, ada kesempatan2 yang saya lewatkan karena saya tahu itu bukan keinginan mereka. Dan, kadang saya pun takut untuk mengungkapkan keinginan saya. Takut keinginan itu bertabrakan dengan apa yang mereka inginkan, jadi membuat mereka kecewa, membuat mereka menjadi tidak puas. setelah itu, dia bertanya : apa mau saya?

pasti gak bakal percaya kalau saya jawab;
“cuman ingin mamah seneng”

dan tau gak, saya jawab apa? saya jawab monolog 30 menit itu dengan:
“gak semua orang hidup dengan pola hidup mamah. tapi gak sama bukan berarti buruk kan?” (*saya bales lewat sms, karena saya gak punya energi di telpon, energi saya ketelen di tenaga buat nahan tangis)
sampe sekarang saya pun gak ngerti, ada gak korelasi sms saya dengan monolognya

saya bener2 menyadari, darimana saya dapet sifat lebay a.k.a drama Queen saya selama ini.

mom, I’m sorry if I hurt you.
bukan cuman orang tua aja yang gak sempurna, anak juga manusia, dan bisa tidak sempurna juga. apalagi anak seperti saya, susah yah bangga sama anak seperti saya? mungkin….
*crying*
hiks…hiks..hiks…
:((

About these ads

6 thoughts on “….what a day!!

  1. dimana2 ga ada istilah orangtua durhaka sama anak, yg ada anak durhaka sama orangtua..

    kemaren nyokap gue bilang “sabar lah dek, kamu kan udah gede, dewasa dikit lah ngadepin mereka itu” pada saat gue ngamuk berat sama budhe2 n pakde2 gue yg dengan semena2 membawa gue tuk ikut makan duren tanpa pemberitahuan sebelumnya padahal mereka ngerti banget kalo gue bisa jekpot abis2an walau cm nyium baunya..

    okelah gue terima kata2 nyokap itu, kita memang udah gede, harus lebih dewasa menghadapi kelakuan2an “durhaka” para orang tua, tapi mereka udah tuek so harusnya mereka bisa lebih dewasa lagi..

    jangan sampe “kedurhakaan” mereka sama kita bikin kita jadi lebih durhaka.. ga perduli itu anak atau ortu, dua2nya pasti punya batas sabar toh??

    ya gak sih??

  2. bangeeet. kadang bingung juga, kok di posisi kita harus selalu ngalah yah?
    waktu kecil, kita ngalah karena, “masih kecil, belum tau apa2″

    udah gede, dikirain udah boleh berpendapat dan bertindak, dan kita mau kok bertanggungjawab sama semua pilihan kita. tapi kenapa?

    jahat dan egois bgT kesannya, takut berpikiran sempit ajah. mungkin kita rame2 saja nyanyi lagu ini di depan ortu,

    Think back and talk to me
    Did I grow up according to plan?
    Do you think I’m wasting my time doing things I wanna do?
    but it hurts when you disapprove all along

    Cuz we lost it all
    Nothing lasts forever
    I’m sorry
    I can’t be perfect
    Now it’s just too late and
    We can’t go back
    I’m sorry
    I can’t be perfect….

    mereka berpikir, kita gak memahami mereka, dan kita pun disini juga berpikir mereka gak memahami kita.
    lah, jadi kaya orang pacaran ajah
    ahahahahahahaha

    • kalo dipikir2 ulang, ada gunanya kok kita di’durhaka’in sama ortu.. karena ke’durhaka’an mereka itu yg membuat kita bikin list apa2 saja yg ga bakal kita lakuin sama anak kita.. klo kita ga pernah ngerasa disengsarain, kita ga akan punya pikiran tuk ga nyengsaraain anak sendiri entaran.. right??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s